Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Cek Penerima Bansos BPNT November 2023, Caranya Mudah Cukup Lewat HP

Begini Cara Cek Penerima Bansos BPNT November 2023, Caranya Mudah Cukup Lewat HP

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ada kabar gembira bagi Keluarga Penerima Manfata atau KPM. Memasuki akhir November ini dikabarkan Bansos Bantuan Pangan Non tunai ( BPNT) tahapan keenam akan mulai cair kembali.

Dimana pemberian Bansos BNPT ini merupakan yang terakhir di tahun ini. Pemerintah telah menetapkan setiap KPM akan menerima total bantuan sebesar Rp400 ribu untuk periode dua bulan terakhir 2023, yakni November-Desember.

BACA JUGA:Kabar Bahagia, Bansos PKH Cair 4 Kali Melalui Kartu KKS, Cek Nama Kamu Melalui Link Disini

Bansos BNPT merupakan program Pemerintah untuk memberikan bantuan keuangan kepada masyarakat kurang mampu, supaya mereka dapat memenuhi kebutuhan pangan mereka.  Dalam program itu setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan pangan senilai Rp200 ribu setiap bulan.

Bansos BPNT merupakan hasil transformasi pada 2017. Dimana penerima manfaat BPNT bisa langsung menggunakannya untuk membeli bahan kebutuhan pokok. BPNT dicairkan setiap tahun melalui rekening bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Rakyat (Himbara) dan PT Pos Indonesia.

BACA JUGA:Ini Jadwal Pencairan Bansos PKH 2023, Pastikan Namamu Masih Jadi Penerima, Bisa Dapat Rp2.000.000

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT adalah bantuan sosial pangan yang disalurkan secara non tunai dari Pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya. Tujuan dari bantuan sosial ini adalah untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan dan memberikan gizi yang lebih seimbang. 

BPNT dapat mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Karena dalam jangka panjang penyaluran bantuan pangan secara non tunai diharapkan berdampak bagi peningkatan kesejahteraan, dan kemampuan ekonomi penerima manfaat. 

BACA JUGA:Terbaru, Ini Cara Nonaktifkan NPWP Secara Online, Tidak Perlu Lagi ke Kantor Pajak

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari BPNT, yaitu :

-  Meningkatnya ketahanan pangan di tingkat keluarga penerima manfaat, sekaligus sebagai mkekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

- Meningkatnya transaksi non tunai sesuai dengan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas oleh Bank Indonesia.

- Meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan keuangan, sehingga dapat meningkatkan.

- Kemampuan ekonomi yang sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: