Iklan dempo dalam berita

Presiden, Gubernur hingga Kepala Desa Masuk Dalam Golongan Dilindungi saat Kiamat, Asalkan..

Presiden, Gubernur hingga Kepala Desa Masuk Dalam Golongan Dilindungi saat Kiamat, Asalkan..

Golongan manusia yang dilindungi saat kiamat--

Selain itu, dahsyatnya kiamat telah dikabarkan melalui Alquran dan hadis. Dari ayat-ayat itu, terjadi peristiwa-peristiwa dahsyat yang terjadi pada hari kiamat.

Kehancuran total dialami bumi dan langit pada hari kiamat. Digambarkan, bumi berguncang hebat, laut meluap (tsunami) dan langit runtuh yang oleh beberapa ilmuwan diartikan sebagai hujan meteor.

Tampaknya, dengan melihat deskripsi kiamat itu, muskil makhluk hidup akan selamat. Inilah yang disebut sebagai kiamat kubra, atau kiamat besar.

BACA JUGA:Lagi Cari Pinjaman Tanpa Jaminan? Ajukan KUR BNI Rp 30 Juta, Ini Syarat dan Tabel Angsurannya

Berikut ini adalah tiga surat pertama di juz 30 Al-quran yang membahas tentang kiamat atau akhir zaman, yaitu QS. An Naba’, QS. An Nazi’at dan QS. At Takwir, seperti dikutip dari laman Universitas Islam Indonesia (UII).

1. An Naba’

Di dalam QS. An Naba’, para ulama menafsirkan tentang apa yang dimaksud dengan an naba’ (berita besar). Dalam hal ini ada tiga pendapat, yaitu Alquran, kerasulan Nabi Muhammad SAW, dan hari kebangkitan.

Dari ketiga pendapat tersebut, yang dimaksud an naba’ (berita besar) dalam ayat pertama QS. An Naba’ adalah hari kebangkitan dan inilah pendapat yang dipilih oleh Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari.

Selain itu, dalam QS An Naba’ juga dijelaskan bahwa Allah Ta’ala telah menunjukkan tentang berbagai bukti kekuasaan-Nya, seperti bumi, gunung, menciptakan makhluk berpasang-pasang, malam, siang, langit, matahari, hujan, dan tumbuhnya tanaman. Namun banyak manusia yang banyak melampaui batas dan tidak percaya dengan adanya hari pembalasan.

Dalam QS. An Naba’, Allah menggambarkan betapa dahsyatnya hari kiamat mulai dari ayat 17-20. 

إِنَّ يَوْمَ الْفَصْلِ كَانَ مِيقَاتًا (١٧) يَوْمَ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ فَتَأْتُونَ أَفْوَاجًا (١٨) وَفُتِحَتِ السَّمَاءُ فَكَانَتْ أَبْوَابًا (١٩) وَسُيِّرَتِ الْجِبَالُ فَكَانَتْ سَرَابًا (٢٠)

Sesungguhnya Hari Keputusan adalah suatu waktu yang ditetapkan (17), yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok (18), dan dibukalah langit, maka terdapatlah beberapa pintu (19), dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi fatamorganalah ia. (20) 

BACA JUGA:Rezeki Telah Diatur Allah SWT, Namun 7 Amalan ini Bisa Diamalkan Setiap Hari Sebagai Pembuka Pintu Rezeki

2. An Nazi’at

An Nazi’at secara umum memaparkan tentang peringatan terkait dengan huru-hara yang terjadi pada hari kiamat [2]. Di ayat yang ke 6-7 Allah menjelaskan tentang kebangkitan manusia yang diawali dengan tiupan sangkakala oleh Malaikat Israfil (3). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: