Iklan dempo dalam berita

Penting, Ini Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Kalian Gunakan Bersamaan

Penting, Ini Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Kalian Gunakan Bersamaan

Dampak mencampurkan dua bahan skincare--

Salah satu kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan adalah retinol dengan AHA dan BHA. 

Retinol, alpha hydroxy acid/AHA dan beta hydroxy acid/BHA adalah tiga bahan skincare yang ampuh mengatasi berbagai macam masalah kulit yang kamu alami. 

Mulai dari jerawat, kulit kusam, penumpukan sel-sel kulit mati, hingga tanda-tanda penuaan dini, namun hal ini dapat diatasi dengan ketiga kandungan skincare ini. 

Tetapi sayangnya, ketiga kandungan skincare ini sebaiknya tidak boleh dipakai bersamaan. Pasalnya, mencampurkan bahan aktif retinol dan AHA/BHA dapat memperbesar risiko kulit menjadi iritasi, kemerahan, dan mengelupas. 

BACA JUGA:Gaji Mitra Statistik BPS dan Pendamping Lokal Desa di 11 Provinsi, Ada yang Rp3 Juta?

Terutama jika dilakukan pada kulit wajah yang memiliki permasalahan kombinasi (berminyak dan sensitif).

3. Niacinamide dan vitamin C 

Selanjutnya kandungan skincare yang tidak boleh di gabung adalah niacinamide dan vitamin C. Dua bahan aktif ini memiliki peran penting untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, mengurangi kemerahan pada kulit, dan meratakan warna kulit. 

Namun, banyak ahli yang berpendapat bahwa niacinamide tidak boleh digabung dengan vitamin C. Beberapa ahli berpendapat bila dipakai secara berbarengan atau layering, niacinamide dan vitamin C dapat saling mengurangi keefektifan dari masing-masing zat aktif. 

BACA JUGA:Khawatir Tahun Depan Tidak Ada Bansos? Tenang, Ini Daftar Bantuan yang Masih Cair Tahun 2024

Penggunaan niacinamide dan vitamin C secara bersamaan juga diduga dapat meningkatkan risiko kulit kemerahan dan membuat warna kulit tidak merata. 

Meskipun reaksi yang mungkin terjadi pada setiap orang berbeda-beda, tak ada salahnya bila Anda menggunakan vitamin C dan niacinamide pada waktu yang berbeda. 

Misalnya, serum vitamin C pada pagi hari dan niacinamide pada malam hari dan untuk pemula bisa d coba untuk hari yang berbeda.

4. Vitamin C dan benzoil peroksida

Vitamin C dan benzoil peroksida merupakan kandungan skincare yang tidak boleh dicampur pemakaiannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: