Iklan dempo dalam berita

Hasil Survei Terbaru Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden di Daerah Lumbung Suara, Siapa yang Unggul?

Hasil Survei Terbaru Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden di Daerah Lumbung Suara, Siapa yang Unggul?

Hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres di daerah lumbung suara--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Indonesia memiliki tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden. Sejumlah lembaga survei terus melakukan survei melihat elektabilitas ketiga pasangan itu.

Seperti yang dilakukan Lembaga Survei Populi Center yang baru-baru ini merilis hasil survei terbaru mereka. Dalam survei ini, Populi memperoleh hasil untuk pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan angka 43,1 persen.

Kemudian, Populi Center menyebut hasil survei tersebut menunjukkan adanya peningkatan dukungan dari milenial ke Prabowo-Gibran. Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati mengatakan survei menunjukkan dukungan pemilih di Jawa kepada Prabowo Subianto juga meningkat menjadi 31,7 persen. Lebih lanjut, ia menyebut angka itu semakin naik setelah Prabowo berpasangan dengan Gibran.

BACA JUGA:Ini Kisi-kisi Soal Tes Penerimaan Pegawai PT. Pelni, Simak Baik-baik agar Lulus

"Naiknya dukungan pemilih dari Jawa. Dukungan terhadap Prabowo dari pemilih Jawa pada September sebesar 31,7 persen, namun saat berpasangan dengan Gibran, dukungan dari pemilih Jawa sebesar 40 persen," katanya.

Selain itu, Hartanto menyebut hasil survei menunjukkan Prabowo mendapat dukungan dari pemilih Protestan, Nahdlatul Ulama, bahkan hingga Muhammadiyah. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa hasil persentasenya meningkat menjadi 40-50 persen.

Diketahui, dukungan pemilih Protestan untuk Prabowo pada September lalu hanya sebesar 29,2 persen. Namun, sekarang ini dukungan pemilih Protestan terhadap pasangan Prabowo-Gibran sebesar 46,3 persen.

Kemudian, untuk dukungan pemilih yang berafiliasi dengan NU terhadap Prabowo meningkat, semulanya dari 40,8 persen pada bulan September, kini menjadi 45,6 persen. 

BACA JUGA:Ini Alasannya Dilarang Menyimpan Makanan Panas dalam Kulkas

Sedangkan, yang cukup signifikan berasal dari pemilih yang berafiliasi dengan Muhammadiyah, yakni dari 38,9 persen di bulan September menjadi 57,9 persen di bulan November.

Disebutkan pula bahwa hasil survei Populi Center menunjukkan pemilih Jokowi mendukung Prabowo Gibran, yakni mencapai 38,6 persen.

Sebagai informasi, Survei tersebut dilakukan pada 29 Oktober sampai 5 November 2023 terhadap 1.200 responden. Jadi, survei tersebut dilakukan melalui tatap muka dengan aplikasi Populi Center.

Survei tersebut menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lainnya. sebab berada pada angka 43,1 persen. 

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: