Iklan dempo dalam berita

Cara Cek KTP Disalahgunakan oleh Pihak Tak Bertanggung Jawab

Cara Cek KTP Disalahgunakan oleh Pihak Tak Bertanggung Jawab

--

BACA JUGA:Intip Besaran Gaji Karyawan Lion Air Terbaru 2023, Berserta Syarat Kerja hingga Cara Mendaftar

Biasanya ketika akan melakukan pengecekan NIK yang terdapat pada KTP, kita harus datang ke kantor Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Tapi sekarang, hal tersebut tidak perlu dilakukan. Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini kita bisa mengecek NIK secara online. 

KTP elektronik atau e-KTP adalah identitas kependudukan yang tak dapat diabaikan dalam kehidupan modern.

Dalam era digital, e-KTP (KTP elektronik) hadir dengan tujuan memberikan berbagai manfaat dan kemudahan bagi warga negara Indonesia. Jadi, satu warga negara hanya bisa memiliki satu KTP saja.

BACA JUGA:Hanya Dengan Jus Lemon dan Soda Kue, Karat Pada Tandon Stainless Steel Bisa Kinclong Kembal

Bila  tidak berhati-hati, KTP sangat rentan disalah gunakan oleh orang tak dikenal, karena KTP merupakan syarat administrasi untuk melakukan sejumlah hal, seperti memudahkan urusan perbankan. Dalam dunia perbankan, e-KTP menjadi syarat penting untuk membuka rekening bank.

Calon nasabah harus memiliki e-KTP dan mencapai usia minimal 17 tahun.

Rekening bank penting untuk mengelola keuangan dan berbagai transaksi, sehingga keberadaan e-KTP sangat mempengaruhi akses terhadap layanan perbankan.

BACA JUGA:Ampuh, Begini Cara agar DC Shopee PayLater Tidak Datang ke Rumah

Selain itu, KTP juga dijadikan sebagai Prasyarat Pernikahan. Pernikahan merupakan tonggak penting dalam kehidupan. Namun, e-KTP juga memiliki peran di dalamnya. Setiap Warga Negara Indonesia yang ingin menikah harus melampirkan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), dan Akta Kelahiran.

Begini Cara Mengetahui KTP Disalahgunakan

NIK dalam KTP sudah dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti registrasi pinjaman online dan kartu SIM. Nah, cara mengetahui KTP disalahgunakan ini perlu diketahui. Simak penjelasan berikut.

BACA JUGA:Menonaktifkan Shopee PayLater Tanpa Hapus Akun, Cukup Siapkan Nomor HP dan Email

Cara Mengetahui KTP Disalahgunakan untuk Registrasi Pinjaman Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: