Iklan dempo dalam berita

Oli Mesin SAE Berapa yang Cocok Untuk Iklim Indonesia? Ini Rekomendasinya

Oli Mesin SAE Berapa yang Cocok Untuk Iklim Indonesia? Ini Rekomendasinya

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bagi negara kita yang cuacanya ekstrem cukup panas, ternyata tidak cocok memakai oli yang encer. Negara tropis seperti Indonesia lebih cocok menggunakan oli dengan kekentalan yang lebih tinggi seperti 10w-40 atau 20w-50 bila untuk kendaraan roda empat alias mobil. 

Jika dipaksakan memakai oli yang terlalu encer, oli tersebut akan cair dan tidak melumasi komponen mesin dengan baik. Maka dari itu, biasanya mobil-mobil di Indonesia memakai spek 10w-40 atau 20w-50 untuk mobil keluaran terbaru.

BACA JUGA:Bukan Hanya Oli Mesin, Ini 4 Tanda Untuk Pemilik Mobil Transmisi Manual Wajib Ganti Oli Transmisi 

Untuk mobil yang lebih tua atau lebih dari 5 tahun, biasanya memakai 10w-40. Sebab mobil yang usianya sudah lebih dari 5 tahun komponen internal mesinnya sudah tidak terlalu presisi akibat pemakaian. Sehingga membutuhkan oli yang tidak terlalu encer untuk melumasi mesin. Selain kode SAE, ada juga kode bernama API. 

Sama halnya dengan mobil, lantas oli mesin motor dengan kekentalan berapa yang cocok? Kalau untuk iklim di Indonesia sebenarnya cocok pakai oli mesin dengan kekentalan 10W-50 melansir dari GridOto.

BACA JUGA:Arti Kode API Awalan S dan C Untuk Oli Mesin Mobil, Ternyata Huruf Kedua Menandai Kualitas Oli

Namun kembali lagi ke kebutuhan kendaraan. Soalnya saat ini clearance (celah antar komponen mesin) tiap kendaraan sekarang berbeda, sesuaikan saja dengan rekomendasi bawaan kendaraan. Jadi, untuk memudahkan konsumen, sebaiknya untuk menggunakan oli mesin motor dengan kekentalan sesuai rekomendasi pabrikan. Sebab rekomendasi dari pabrikan sudah disesuaikan dengan jenis motor dan iklim di Indonesia.

Berikut Oli pabrikan yang di rekomendasikan untuk sepeda motor:

1. AHM Oil

AHM sebagai produsen Honda telah menyiapkan oli bawaan, yaitu SPX2 dan MPX2. SPX2 merupakan oli berbahan sintetis, sedangkan MPX menggunakan bahan mineral. Oli ini disediakan gratis untuk motor baru. Tapi setelahnya harus membayar.

2. X-Ten

X-Ten dapat dibeli di gerai Planet Ban yang tersebar dimana-mana, sehingga mudah ditemukan dan tidak perlu antre.

X-Ten menawarkan 5 spefisikasi oli, yaitu:

X-Ten 10W30 Matic 0.8L

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: