Iklan dempo dalam berita

Kata Rasulullah, Manfaat Sedekah Tidak Main-main, Sedekah Tidak Harus Dengan Uang

Kata Rasulullah, Manfaat Sedekah Tidak Main-main, Sedekah Tidak Harus Dengan Uang

Manfaat sedekah yang disampaikan rasulullah--

“Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Nabi SAW bersabda, “Asshodaqotu tasuddu sab’iina baaban minas suu-i” artinya: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

Adapun jenis-jenis sedekah yang bisa diamalkan:

- Sedekah Barang

Sedekah barang bisa berupa sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Misalnya memberikan pakaian dan makanan yang berguna bagi korban bencana alam atau para tunawisma.

Memberikan sedekah berupa barang sebaiknya dalam bentuk barang yang masih layak kondisinya. Jangan sampai menyedekahkan barang yang sudah tidak baik kondisinya.

- Sedekah Tenaga

Selain barang, jenis sedekah adalah sedekah tenaga. Sedekah tenaga bisa berbentuk kerja bakti di lingkungan rumah, menghidupkan organisasi atau lembaga, menjadi relawan bencana alam, membersihkan tempat ibadah, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Nggak Perlu ke Bengkel, Seperti Ini Cara Ganti Oli Motor Vario 125 di Rumah

Sedekah tenaga ini bisa dilakukan tidak hanya khusus yang berkaitan dengan agama Islam saja, tetapi bisa antar agama, antar suku dan antar bangsa.

- Sedekah Senyuman

Dalam suatu riwayat Nabi SAW, mengatakan bahwa sedekah yang paling mudah dilakukan adalah dengan melemparkan senyum kepada orang lain.

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu,” (HR. Tirmidzi).

Selain itu juga terdapat dalam hadis lain yang artinya:

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri (tersenyum),” (HR. Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: