Iklan dempo dalam berita

Kata Rasulullah, Manfaat Sedekah Tidak Main-main, Sedekah Tidak Harus Dengan Uang

Kata Rasulullah, Manfaat Sedekah Tidak Main-main, Sedekah Tidak Harus Dengan Uang

Manfaat sedekah yang disampaikan rasulullah--

Selain itu, Allah SWT juga telah menjanjikan manfaat sedekah dalam Islam tersebut sesuai dengan firman-Nya dalam Al-Quran surat Saba’ yang artinya:

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (Q.S. Saba ayat 39).

- Menghapus Dosa

Manfaat sedekah dalam Islam adalah dapat menghapus dosa. Sebagai manusia yang pasti selalu diliputi dosa-dosa, umat Islam senantiasa diberikan jalan untuk berkesempatan menghapus dosa-dosanya melalui sedekah.

BACA JUGA:Berlaku November 2023, Berikut Rincian Tarif Listrik Per kWh

Sedekah adalah ibadah yang istimewa karena bisa memudahkan umat Islam untuk menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda:

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

- Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam:

 “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).

Dari manfaat sedekah dalam Islam ini berarti dengan melakukan sesuatu hal yang positif, seperti bersedekah, maka akan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit.

- Memberi Naungan di Hari Kiamat

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya." 

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bersedekah apalagi di bulan Ramadan.

BACA JUGA:Setop Kebiasaan Begadang, Ini Dampaknya Bagi Tubuh Bisa Picu Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: