Iklan dempo dalam berita

Siap-siap El Nino Semakin Parah, Indonesia Berpotensi Alami 'Gorila El Nino'

Siap-siap El Nino Semakin Parah, Indonesia Berpotensi Alami 'Gorila El Nino'

Siap-siap El Nino Semakin Parah, Indonesia Berpotensi Alami 'Gorila El Nino--

Di saat terjadi penurunan tersebut, jelasnya, secara bersamaan terjadi transfer energi panas ke wilayah Samudra Pasifik semakin ke barat. Yang menandakan akan ada peningkatan level di wilayah tersebut menuju ke level 2.

BACA JUGA:Kemarau 2023, BMKG Ingatkan 9 Provinsi Ini Siaga Satu, Alami Kekeringan Dampak El Nino

“Dari sisi indeks terus naik, di saat bersamaan ada transfer energi dari wilayah timur Samudra Pasifik yang dekat Peru ke arah barat. Ketika sudah mencapai 2, pada saat itu, kekeringan akan semakin terasa,” katanya.

“Ini yang mau saya ingatkan, akan siklus hidup El Nino. Semua model sepakat, karena sekarang (El Nino) masih dalam perjalanan dari timur menuju ke barat,” kata Erma yang juga Peneliti Klimatologi Pusat Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional BRIN.

BACA JUGA:Dampak Parah El Nino, Luas Panen Padi dan Produksi Beras Susut, Bengkulu Ratusan Hektare Sawah Kering

Apakah Indonesia berpotensi mengalami Gorila El Nino?

Erma menjelaskan, untuk mengukur indeks dan kekuatan intensitas El Nino, dalam pemodelan dilakukan pembagian wilayah menjadi area 1 dan 2 yang berada di wilayah timur Samudra Pasifik ke arah Peru, serta area 3 dan 4 yang semakin ke barat Samudra Pasifik. Area 4 berada lebih dekat ke Papua.

Lalu ada area 3.4 yang diyakini lebih berpengaruh kepada kondisi iklim di Indonesia.

Erma mengatakan, jika El Nino yang sedang menuju ke barat atau area 3 dan 4, pada saat tiba di area 3.4, bertahan lama dengan intensitas bertahan kuat, Indonesia akan mengalami kondisi serupa yang diakibatkan El Nino pada tahun 2015.

“El Nino tahun 2015 itu, ketika seharusnya dia sudah di fase menurun, ternyata bertahan. Sehingga siklus hidupnya saat itu bukan lagi 9 bulan, melainkan lebih 1 tahun, bahkan hampir 2 tahun. Pada saat itu, Ahli El Nino NOAA, Michael McPhaden, menyebut El Nino tahun 2015 itu Gorila El Nino. Karena bertahan lama dengan intensitas tinggi,” papar Erma.

“Pada saat itu, tidak ada satu pun model yang berhasil memprediksi El Nino akan sekuat itu dan bertahan selama itu,” katanya.

Suhu Bumi Naik

Terkait potensi Indonesia bisa mengalami kondisi serupa, Erma mengatakan, saat ini para peneliti masih menunggu. Yang jelas, menurutnya, dalam teori El Nino, jika masih fase naik dalam 1 siklus hidupnya, tidak ada peluang El Nino akan menurun.

“Apakah kita akan ada potensi Gorila El Nino? Kita tidak tahu, semua ilmuwan kini masih wait and see, harap-harap cemas. Karena baru pertama kali dalam sejarah, El Nino terbentuk saat suhu bumi sudah lebih 1,5 derajat Celcius. Ini yang kemungkinan memberi andil akan mempertahankan El Nino. Karena ada supply over heat itu,” terang Erma.

“Nah, pemodelan yang dilakukan BOM, Biro Meteorologi Australia, menunjukkan intensitas El Nino yang berpotensi semakin menguat. Beda dengan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Jepang. Pemodelan oleh BOM ini mengakomodasi kenaikan suhu bumi efek pemanasan global, yang kini mencapai 1,5 derajat Celcius. Sehingga, apa pun bisa terjadi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: