Iklan dempo dalam berita

Selain Palung Mariana, Ada 4 Lokasi Lain Titik Terendah di Bumi, Salah Satunya di Indonesia

Selain Palung Mariana, Ada 4 Lokasi Lain Titik Terendah di Bumi, Salah Satunya di Indonesia

4 titik terendah di bumi selain Palung Mariana--

2. Palung Puerto Rico

Palung Puerto Rico menjadi tempat kedua terdalam di lautan. Palung ini berada di lepas pantai Puerto Rico dan selatan ujung Florida, Amerika Serikat.

BACA JUGA:Lebih Mujarab dari Obat, hanya Gunakan Bawang Merah, Asma Kambuh Langsung Hilang

Di palung ini terdapat sebuah gunung berapi yang berada di kedalaman 8.000 meter. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menjelaskan bila Palung Puerto Rico adalah daerah yang rawan gempa dan tsunami karena subduksi.

Bagian terdalam dari palung ini dinamakan Milwaukee Deep. Salah satu orang yang pernah menjelajahinya diketahui sebagai Victor Vescovo. Ia menyelam dengan kapal selam pada tahun 2018.

3. Palung Sandwich Selatan

Palung Sandwich Selatan adalah palung dalam yang ada di Samudra Atlantik Selatan. Tempat terdalam ketiga ini pernah dijelajahi oleh Five Deeps Expedition (FDE) pada tahun 2021.

Sebelum dijelajahi, Palung Sandwich Selatan disebut sebagai zona hadal di Bumi yang memiliki suhu di bawah nol. Dengan menggunakan remotely operated vehicles (ROVs), peneliti mengamati berbagai peristiwa yang terjadi di Palung Sandwich Selatan menggunakan robot.

BACA JUGA:Apa Hubungannya Sikat Gigi dengan Kiamat? Ternyata Ada, Seperti Ini Penjelasannya

Hasilnya ditemukan berbagai fauna di perairan beku ini seperti amphipoda ikan siput, teripang, hingga crinoid.

4. Palung Jawa

Tak hanya Palung Sandwich Selatan, FDE juga menjelajahi Palung Jawa yang berada di Samudra Hindia tepatnya Indonesia. Ada beberapa makhluk yang hidup di Palung Jawa seperti snailfish, teripang dan berbagai makhluk hidup lain yang tak pernah ditemui.

Makhluk hidup itu dikenal sebagai Sea Squirt, yakni makhluk hidup yang melayang di perairan gelap layaknya balon hantu.

5. Selat Fram

Selat Fram yang memiliki titik terdalam bernama Molloy Deep berada di lautan antara timur Greenland dan pulau Svalbard di lepas pantai utara Norwegia atau tepatnya di Samudra Arktik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: