Iklan dempo dalam berita

Umat Muslim Masuk Neraka Dulu Sebelum Surga, Benarkah? Simak Penjelasannya

Umat Muslim Masuk Neraka Dulu Sebelum Surga, Benarkah? Simak Penjelasannya

Umat Muslim Masuk Neraka Dulu Sebelum Surga, Benarkah? Simak Penjelasannya--

Hal ini seringkali menjadi perbincangan di masyarakat tentang apakah seorang muslim akan masuk neraka dahulu baru kemudian ke surga. 

Seakan ketika seorang masuk neraka menjadikan itu sebagai pembersihan diri dari dosa,

Hadits-hadits Nabi saw menerangkan bahwa setiap orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya akan masuk surga, sekalipun di antara mereka ada yang masuk surga secara bertahap. 

BACA JUGA:Kerjakan 4 Hal Berikut Setiap Hari, Ganjarannya InsyaAllah Surga

Maksudnya ialah ia masuk neraka lebih dahulu sebagai imbalan dari dosa-dosa yang pernah dilakukannya selama hidup di dunia, kemudian setelah habis masa siksaannya itu ia dimasukkan Allah kedalam surga, berdasarkan hadis berikut:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِي اللهُ عَنْه عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَدْخُلُ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ وَأَهْلُ النَّارِ النَّارَ ثُمَّ يَقُولُ اللهُ تَعَالَى أَخْرِجُوا مِنَ النَّارِ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ إِيمَانٍ فَيُخْرَجُونَ مِنْهَا قَدِ اسْوَدُّوا فَيُلْقَوْنَ فِي نَهَرِ الْحَيَا أَوِ الْحَيَاةِ شَكَّ مَالِكٌ فَيَنْبُتُونَ كَمَا تَنْبُتُ الْحِبَّةُ فِي جَانِبِ السَّيْلِ أَلَمْ تَرَ أَنَّهَا تَخْرُجُ صَفْرَاءَ مُلْتَوِيَةً قَالَ وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا عَمْرٌو الْحَيَاةِ وَقَالَ خَرْدَلٍ مِنْ خَيْرٍ. [رواه البخاري: 21 ومسلم: 270]

Artinya: “Dari Abu Sa’id al-Khudri ra, dari Nabi saw, ia bersabda: Penghuni surga akan masuk surga dan penghuni neraka akan masuk neraka, kemudian Allah ta’ala memerintahkan: Keluarkan dari neraka orang-orang yang dalam hatinya ada iman seberat biji sawi. Maka dikeluarkanlah mereka dari neraka yang warna (badannya) benar-benar hitam, lalu dimasukkan kedalam sungai hidup atau sungai kehidupan, lalu tumbuhlah mereka seperti biji yang tumbuh setelah air bah, adakah engkau tidak melihatnya, sesungguhnya ia keluar bewarna kuning yang melilit.” [HR. al-Bukhari dan Muslim]

BACA JUGA:Surga Sudah Lama Menunggu 4 Orang Ini, Mungkinkah Salah Satunya Kita?

Penjelasan Buya Yahya

Dalam Youtube Al-Bahjah TV seorang jamaah bertanya kepada Buya Yahya benarkah seorang manusia yang telah mati akan masuk neraka dulu sebelum masuk surga?

Buya Yahya menjawab bahwa semua manusia ketika telah mati dan dosanya belum diampuni di dunia oleh Allah, pasti masuk neraka dulu.

“Untuk menghapus dosa-dosa. Ya harus dibersihkan di neraka,” jelas Buya Yahya.

Maka dari itu Allah yang Maha Pengampun telah memberikan banyak ujian berupa masalah dan penyakit di dunia untuk menghapus dosa kita.

Selain itu juga Allah memberikan kesempatan manusia hiudp lebih lama di dunia supaya bisa memanfaatkan waktunya untuk bertaubat.

“Karena jika dosa di dunia sudah diampuni, maka di akhirat tidak akan merasakan neraka,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: