Iklan dempo dalam berita

Asyik juga Punya Tanaman Anggur di Rumah, Caranya Mudah, Bisa Ditanam di Pot

Asyik juga Punya Tanaman Anggur di Rumah, Caranya Mudah, Bisa Ditanam di Pot

Cukup di dalam pot, tanaman anggur bisa hidup--

Penjarangan kedua sifatnya hanya sebagai kontrol saja, jadi kalau dianggap perlu membuang butiran buah yang tumbuhnya tidak normal, kecil, tidak sempurna bentuknya dan busuk. 

Buah anggur yang sudah mulai tua harus dijaga dari gangguan hama seperti kelelawar, ayam, tikus dan juga anak-anak nakal yang ingin mendapatkan buah anggur itu untuk dimakan. Mengamankannya bisa dibungkus kertas semen, koran atau plastik warna merah. 

Pembungkusan dilakukan setelah 10 persen dari butiran buah dalam satu dompolan terlihat matang. Pojok bungkusan ada lubang hawanya untuk pertukaran udara. 

Buah anggur dianggap masak pohon dan siap petik bila umurnya sudah 105 sampai 110 hari sejak tanaman dirompes, atau 90 hari sejak bunganya mekar. Buah yang sudah matang ditandai dengan adanya lapisan lilin atau pupur putih pada kulit buahnya, serta timbul aroma khas buah anggur. 

BACA JUGA:Bingung Pilih Merek Apa? Ini Rekomendasi 9 Tangki Air Anti Lumut dan Bebas Bakteri

Warna kulit buah anggur yang sudah matang ada yang kehitam-hitaman, merah kehitaman, kuning transparan atau kuning kehijauan, bergantung pada varietas anggur yang ditanam. Buah anggur yang dipetik tapat pada waktunya, rasanya manis segar, karena sudah matang betul. 

8. Mencegah hama dan penyakit tanaman 

Tanaman anggur dalam pot juga membutuhkan perlindungan dari ancaman hama dan penyakit, agar pertumbuhannya berlangsung normal dan sehat. Hama yang sering mengancam tanaman itu adalah belalang, ulat daun dan kumbang. 

BACA JUGA:Ada Rencana Bikin Sumur Bor? Siapkan Budget Segini, Kedalaman Bisa Sesuai Kemauan

Semua serangga itu merusak tanaman dengan menggerek dan memakan daunnya. Adapun penyakitnya adalah penyakit jamur putih atau Downy mildew dan jamur kuning Phakopshora vitis, kalau udaranya terlalu lembap. 

Serangan hama dan penyakit itu bisa dicegah, kalau perhatian kita terhadap kesehatan tanaman cukup baik. Serangan Jamur dapat diatasi dengan menyemprotkan Trichoderma dengan dosis 2 sendok makan per liter air, dan untuk serangan hama gunakan ramuan pestisida nabati. 

Demikian cara untuk menanam buah anggur di pot. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: