Iklan dempo dalam berita

Buya Yahya Ungkap Alasan Nabi Muhammad SAW Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Saat Mendapat Wahyu Pertama

Buya Yahya Ungkap Alasan Nabi Muhammad SAW Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Saat Mendapat Wahyu Pertama

Buya Yahya Ungkap Alasan Nabi Muhammad SAW Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Saat Mendapat Wahyu Pertama--

Dalam agama Islam, Allah memiliki waktu khusus setiap tahunnya untuk membuka pintu-pintu surga. Salah satunya adalah di bulan Ramadhan.

Namun, setiap pekan Allah juga membukakan pintu-pintu surga bagi hamba-Nya, yaitu di hari Senin dan Kamis. Sesuai dengan hadits riwayat berikut ini:

“Pintu-pintu surga akan dibukakan khusus pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan apapun akan diampuni pada kedua hari tersebut. Kecuali seseorang yang diantaranya memiliki permusuhan kepada saudaranya. Kemudian dikatakan, lihatlah kedua orang ini hingga mereka berdua damai.” (Hadits Riwayat Al Khatib, Muslim, Abu Daud, Nasa’I, At Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Untuk itu berpuasa pada hari Senin dan Kamis menjadi keutamaan sendiri bagi umat muslim karena terbuka pintu-pintu surga.

2.   Hari Amal Para Hamba Diperiksa

Rasulullah SAW rutin berpuasa pada hari Senin dan Kamis untuk memberikan contoh kepada umatnya karena pada hari itulah Allah memeriksa amal-amal yang dilakukan oleh para hamba-Nya.

Hal ini tertulis dalam hadits riwayat Tirmidzi dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda, “Amal-amal perbuatan itu dilaporkan pada hari Senin dan Kamis. Oleh karena itu, aku ingin amal perbuatan yang aku buat dilaporkan pada saat aku sedang berpuasa.”

Dengan berpuasa, kita dapat menahan diri dari segala hawa nafsu dan maksiat sehingga amal yang tercatat bisa lebih baik.

Bisa jadi juga dengan rutin menjalankan ibadah puasa dan kebiasaan menahan nafsu tersebut dapat berlangsung pada hari-hari lain sehingga dapat meningkatkan taqwa pada diri seseorang.

3.   Hari Lahir dan Diutusnya Nabi Muhammad SAW

Keutamaan lain dari hari Senin adalah lahirnya nabi terakhir umat muslim, yaitu Nabi Muhammad SAW. Untuk menghormati hari lahirnya, Rasulullah SAW rutin menjalankan puasa di hari Senin sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

4.   Hari Diutusnya Nabi Muhammad SAW

Selain menjadi hari lahirnya, hari Senin juga merupakan hari diutusnya Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, pada hari Senin juga Allah SWT menurunkan Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam. Untuk itu, Rasulullah SAW menyambut hari tersebut dengan berpuasa.

Seperti cerita dari Abu Qatadah RA, pada saat Rasulullah ditanya mengapa melakukan puasa di hari Senin, kemudian beliau menjawab, “Pada hari itu saya dilahirkan dan juga diutus. Hari itu juga Al-Qur’an diturunkan kepadaku.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: