Iklan dempo dalam berita

Abdullah Bin Umar, Sahabat Nabi yang Bermimpi Diajak Malaikat ke Tempat Paling Buruk

Abdullah Bin Umar, Sahabat Nabi yang Bermimpi Diajak Malaikat ke Tempat Paling Buruk

Sahabat nabi pernah bermimpi diajak malaikat melihat neraka--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Diantara anak dari Umar bin Khattab ada yang mendapat tempat khusus dalam sejarah agama Islam. Putra dari Umar bin Khattab ini bernama Abdullah bin Umar bin Khattab atau dikenal dengan Ibnu Umar (wafat 73 Hijriyah).

Dia adalah seorang sahabat Nabi dan salah satu periwayat hadis terkenal. Abdullah bin Umar memeluk Islam saat masih kecil. 

Sejak kecil dia telah mencintai Islam dan Rasullah. Bahkan dikisahkan ketika Perang Badar, Abdulullah ingin ikut ke medan perang bersama sang ayah Umar bin Khattab. Namun keinginan dia ini ditolah Rasulullah.

BACA JUGA:Pernah Menolak Jabatan Hakim, Begini Akhir Kisah Hidup Sahabat Nabi yang Terakhir

Setelah Rasulullah wafat, Ibnu Umar ikut dalam Perang Yarmuk dan penaklukan Mesir.

Kesalehan Ibnu Umar sering mendapat pujian dari kalangan sahabat Nabi dan kaum muslimin lainnya. 

Jabir bin Abdullah pernah berkata: "Tidak ada diantara kami disenangi oleh dunia dan dunia senang kepadanya kecuali Umar dan putranya Abdullah." 

Abu Salamah bin Abdurrahman mengatakan: " Ibnu Umar wafat dan keutamaannya sama seperti Umar. Umar hidup pada masa banyak orang yang sebanding dengan dia, sementara Ibnu Umar hidup pada masa tidak ada seorang pun yang sebanding dengannya". 

Diantara beberapa kisah tentang Abdulullah bin Umar yakni ketika dia pernah bermimpi diperlihatkan neraka oleh Malaikat. 

BACA JUGA:Karena Satu Permintaan, Sahabat Nabi Ini Mengikatkan Dirinya ke Tiang Masjid

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, beliau berkata: "Sudah menjadi kebiasaan seseorang pada masa hidup Nabi bila bermimpi, biasanya dia menceritakannya kepada Rasulullah. Aku pun berharap bermimpi hingga aku dapat menceritakannya kepada Rasulullah. Ketika itu aku masih remaja. Pada suatu hari di zaman Rasulullah aku tidur di masjid lalu bermimpi ada dua Malaikat memegangku lalu membawaku ke dalam neraka. Aku melihat neraka yang ternyata adalah lubang besar bagaikan lubang sumur (atau jurang). Neraka itu memiliki dua anjung dan aku melihat di dalamnya ada orang-orang yang sebelumnya aku sudah mengenal mereka. Dengan melihat mereka, membuat aku berkata: "A'udzubillahi minannaar (aku berlindung kepada Allah dari neraka)." 

Kemudian kami berjumpa dengan Malaikat lain lalu dia berkata kepadaku: "Janganlah kamu takut." Kemudian aku ceritakan mimpiku itu kepada Hafshah (kakak perempuan Abdullah), lalu Hafshah menceritakannya kepada Rasulullah. Maka Nabi pun bersabda: "Sungguh Abdullah bin Umar adalah seorang yang beruntung (bahagia) bila dia mendirikan sholat malam." Setelah peristiwa itu, Abdullah bin Umar tidak tidur malam kecuali sedikit. (Sahih Al-Bukhari, Muslim)

BACA JUGA:10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Lagi, Awas! Bisa Timbulkan Risiko Keracunan

Sejak itulah Abdullah bin Umar tidak pernah meninggalkan shalat tahajud sampai akhir hayatnya. Bahkan, beliau selalu menghabiskan waktu malamnya untuk shalat dan menangis di hadapan Allah Ta'ala. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: