Iklan dempo dalam berita

Baterai HP Tahan Sehari Semalam, Coba Lakukan 10 Kebiasaan Ini, Salah Satunya Jangan Isi 100%

Baterai HP Tahan Sehari Semalam, Coba Lakukan 10 Kebiasaan Ini, Salah Satunya Jangan Isi 100%

Ada cara agar baterai Hp bisa tahan lama, tidak perlu sering cas--

9. Aktifkan mode gelap dan kurangi kecerahan layar

Pengaturan kecerahan layar dapat menguras energi yang sangat besar, tergantung pada tingkat kecerahannya. Atur kecerahan ke tingkat optimal yang diperlukan untuk menggunakan smartphone. Kamu juga dapat menggunakan mode gelap untuk mengurangi konsumsi baterai.

10. Isi daya hingga 85% 

Saat mengisi daya ponsel, kamu mungkin mengamati bahwa baterai ponsel terisi dengan cepat dari 20% hingga 50%. Namun membutuhkan waktu yang relatif lebih lama ketika mengisi daya dari 70% hingga 100%. Akibatnya, efisiensi pengisian daya berkurang, dan keausan baterai menjadi tinggi apabila baterai ponsel mendekati penuh. Karena itu, dianjurkan untuk mengisi daya baterai ponsel hingga 85% untuk mengurangi keausan baterai. 

BACA JUGA:Sakaratul Maut Itu Sakit, Begini Gambaran Detik Akhir Jasad Berpisah

HP Bisa Meledak

Kebiasaan kita memperlakukan HP juga berpengaruh pada keamanan saat memakai ponsel kita. Dalam beberapa kasus, ada HP mendadak meledak. 

Tetapi bukan karena kesalahan pabrik, tetapi karena cara kita memperlakukan HP. Ada 4 kebiasaan yang membuat ponsel terancam mengeluarkan percikan api hingga meledak:

1. Tidak pakai charger yang sesuai

Tegangan yang dibutuhkan untuk mengisi daya HP berbeda-beda, karena itu disarankan untuk memakai charger dari pabrikan ponsel. Jika kamu memakai Samsung, pakai charger dari Samsung. Kalau kamu memakai iPhone, gunakan charger resmi dari Apple Store, detikers.

Jangan juga melakukan 'mix & match' kabel charger dan kepalanya karena watt-nya bisa berbeda-beda. Risikonya, baterai HP lama-lama bisa rusak.

2. Pakai kabel yang sudah tak layak

Punya charger, kabelnya harus dirawat dengan baik. Kabel yang rusak bisa menyebabkan HP terbakar dan meledak.

3. Menutup HP saat diisi daya

Meski terdengar konyol, menutup HP ketika sedang di-cas (misalnya dengan selimut atau ditaruh di bawah bantal) bisa menyebabkan HP overheat. HP yang kelewat panas bisa berbahaya, bisa menimbulkan HP meledak dan mengeluarkan api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: