Iklan dempo dalam berita

Senang Lihat Tanaman Anggur Berbuah? Begini Caranya Menanam dengan Media Pot, Mudah kok

Senang Lihat Tanaman Anggur Berbuah? Begini Caranya Menanam dengan Media Pot, Mudah kok

Cara mudah menanam buah anggur di pot--

Dengan demikian, zat makanan dalam tubuh tanaman bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk pertumbuhan vegetatif berikutnya. 

5. Cara pembuahan 

Tanaman anggur dalam pot bisa dibuahkan dua kali setahun. Bisa juga tanaman dibuahkan tiga kali setahun, namun akibatnya pertumbuhan tanaman bisa tidak sehat nantinya. 

Tanaman anggur yang sudah cukup dewasa bisa berbuah dengan baik apabila cabangnya dipangkas dan daun-daunnya dirompes. 

Semua cabang sekunder dipangkas dan semua daunnya dirompes habis menggunakan gunting, sehingga akhirnya hanya tampak batang pokok, cabang-cabang primer dan cabang-cabang sekunder yang berbentuk pendek-pendek seperti taji. 

Tanaman anggur itu tampak gundul tak berdaun. Dari cabang sekunder yang terpangkas itulah nantinya akan tumbuh tunas baru, yang akhirnya akan membesar jadi cabang tersier. 

BACA JUGA:Manfaat Kartu Prakerja Gelombang 62, Biaya Pelatihan Rp 3,5 Juta dan Insentif Rp 600.000

Dua minggu setelah pemangkasan dan perompesan, akan tumbuh ranting baru yang berdaun dan bersulur. Sulurnya itu umumnya tumbuh dekat mata tangkai daun yang ketiga, keempat dan kelima. 

Peliharalah satu sulur yang paling besar dan sehat pertumbuhannya. Dari ranting yang bersulur inilah akan tumbuh malai bunga, yang nantinya akan berkembang menjadi buah. 

6. Pemangkasan untuk mengatur pertumbuhan 

Pertumbuhan daun yang baik merupakan pertanda bahwa akar juga berkembang dengan baik. Tanaman anggur dalam pot perlu dibiarkan dulu tumbuh sampai berumur di atas enam bulan. 

Penanganan yang dilakukan adalah mengatur pertumbuhan tanaman untuk dasar pembentukan tanaman nantinya, terutama pembentukan batang pokok, cabang primer dan sekunder. 

BACA JUGA:Siap Jadi Orang Kaya? Ini Tanda Kamu Bakal Dapat Rezeki Tak Terduga Menurut Primbon Jawa

Pembentukan itu dilakukan dengan mengarahkan dan merambatkan cabang tanaman pada rambatan yang telah disediakan. 

Kalau ternyata sampai umur enan bulan pertumbuhannya bagus, yakni cepat besar dan rimbun, pemangkasan pertama untuk membangun bentuk tanaman boleh segera dikerjakan. Akan tetapi kalau pertumbuhan tanaman masih kurang baik, perlakuan pemangkasan bentuk itu sebaiknya ditunda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: