Iklan dempo dalam berita

Ladang Cuan TikTok Shop Tutup, Bagaimana Nasib Barang Pembeli? Ini Produk Paling Laris

Ladang Cuan TikTok Shop Tutup, Bagaimana Nasib Barang Pembeli? Ini Produk Paling Laris

Pasca TikTok Shop tutup, begini nasib barang pembeli--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tepat pukul 17.00 WIB, layanan TikTok Shop tutup. Tidak bisa melakukan transaksi e-commerce lagi. Penutupan ini terkait dengan aturan pemerintah soal larangan media sosial melayani aktivitas jual beli layaknya e-commerce (social e-commerce).

Selama ini TikTok Shop menjadi salah satu platform jual beli online yang populer di Indonesia. Diluncurkan sejak pertengahan 2021, TikTok Shop telah menjadi sosial commerce yang cukup digandrungi masyarakat. Meski relatif baru, namun TikTok Shop tidak kalah saing dengan Instagram, Facebook dan Pinterest yang memiliki fitur serupa.

BACA JUGA:Setelah Sholat Dhuha Jangan Beranjak Dulu, Amalkan Dzikir dan Wirid Berikut, InsyaAllah Rezeki Dilancarkan

Kepopuleran TikTok Shop membuat masyarakat memilih platform social commerce ini sebagai ladang cuan. Banyak penjual online yang memilih untuk berjualan di TikTok Shop agar meraup pundi-pundi rupiah. Namun sekarang TikTok Shop sudah tutup.

Dalam keterangan resminya, TikTok berkomitmen untuk tetap mematuhi aturan pemerintah. Mereka juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia soal langkah serta rencana ke depannya.

“Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB. Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana kami ke depan," tulis pernyataan resmi TikTok.

BACA JUGA:Ini 5 Waktu yang Disunahkan untuk Membaca Sholawat Nabi, Termasuk Sebelum Memanjatkan Doa

Lantas bagaimana nasib barang pembeli usai penutupan tersebut?

Melalui email yang ditujukan untuk para penjual atau seller, TikTok mengatakan untuk terus memberikan dukungan terhadap pemenuhan pesanan, baik yang sudah maupun sedang berlangsung.

“Tim kami berkomitmen hadir untuk memberikan dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan, baik yang telah maupun sedang berlangsung, serta layanan pelanggan. Kami akan mendampingi seller TikTok Shop Indonesia melalui masa sulit ini," jelasnya.

Sementara itu, melalui kolom pesanan pembeli, TikTok mengatakan semua pesanan yang sudah dibuat akan diproses dan akan dikirimkan seperti biasanya.

BACA JUGA:Mau Rezeki Lancar dan Terhindar dari Kesesatan? Amalkan Rutin Sholawat Nabi Berikut

“Semua pesanan yang sudah dibuat akan diproses dan paket akan dikirimkan sesuai dengan perkiraan pengiriman normal. Namun, untuk setiap pesanan yang masih menunggu, per tanggal 5 November 2023 akan dibatalkan," tulisnya.

Pembeli juga masih bisa mengakses dan melihat riwayat pesanan. Selain itu, juga masih bisa memakai akun TikTok seperti biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: