Iklan dempo dalam berita

Seperempat Abad Usia Google, Dari 2 Mahasiswa Peradaban Manusiapun Berubah

Seperempat Abad Usia Google, Dari 2 Mahasiswa Peradaban Manusiapun Berubah

25 tahun google dan sejarah berdirinya google--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Google sebuah nama yang tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia saat ini. Mulai dari anak kecil hingga lansia, mulai dari warga pelosok desa sampai yang tinggal di kota metropolitan, semuanya kenal dengan google.

Walaupun google bukanlah sosok manusia, namun ketenarannya saat ini mengalahkan tokoh manapun. 

Penduduk Asia kenal dengan google. Penduduk Afrika dengan google, Eropa apalagi. Itu lah google, sebuah mesin pencarian yang telah merasuk ke seluruh sendi kehidupan masyarakat dunia.

BACA JUGA:Sering Kebakaran Hutan, Indonesia Termasuk Negara Paru-paru Dunia Penjaga Iklim Bumi

Baru-baru ini google berulang tahun ke-25 tahun. Artinya sudah seperempat abad google menghiasi peradaban manusia. Dalam rangka ulang tahun ini, ketika kita membuka google maka terlihat tulisan Google Doodle “G25GLE”.

Harus diakui, kehadiran google telah mengubah peradaban manusia. Dengan google, semua informasi begitu mudah didapat. Apapun yang ingin kita ketahui, hanya dalam hitungan detik, semuanya bisa didapat.

Walaupun setiap hari menggunakan jasa google, pernahkah kita bertanya siapakah orang yang menciptakan google? Bagaimana sejarah mesin pencarian ini?

BACA JUGA:Desa Ini Berhasil Mengelola BUMDes dan Mensejahterakan Warganya dengan Berbagai Usaha

Sejarah lahirnya google berasal dari Negeri Paman Sam alias Amerika Serikat. Awal kisahnya dimulai dari proyek penelitian dari dua mahasiswa Stanford. Kemudian, berkembang menjadi satu dari beberapa perusahaan terbesar di dunia saat ini.

Kedua mahasiswa itu tercatat sebagai mahasiswa Stanford yang bernama Larry Page dan Sergey Brin. Saat itu kedua pendiri Google ini merupakan mahasiswa Ph.D yang sedang mengerjakan proyek penelitian. 

Ide awal Page dan Brin, mereka penasaran bagaimana cara mengekstraksi makna dari kumpulan data yang ada Internet. Mereka kemudian merancang jenis teknologi pencarian baru di kamar asrama Page pada tahun 1996.

Selanjutnya pada 15 September 1997, mereka mendaftarkan domain www.google.com. Berkelang beberapa waktu kemudian, tepatnya pada 4 September 1998, keduanya mendirikan perusahaan. 

BACA JUGA:Jangan Salah Apalagi Terseret Hukum, Seperti Ini Ketentuan Dana Desa Tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: