Iklan dempo dalam berita

Malaikat Israfil ‘Menganggur’ karena Kiamat Belum Tiba? Ternyata Ini Tugasnya Selain Meniup Sangkakala

Malaikat Israfil ‘Menganggur’ karena Kiamat Belum Tiba? Ternyata Ini Tugasnya Selain Meniup Sangkakala

Tugas malaikat Israfil selain meniup sangkakala--

Maksudnya, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu enggan untuk menegaskan atau memastikan apakah empat puluh hari, empat puluh bulan, atau empat puluh tahun. Akan tetapi yang pasti adalah bahwa jaraknya empat puluh. 

Dikatakan juga bahwa jarak dua tiupan ini adalah di antara perkara yang tidak diketahui kecuali Allah Ta’ala.

Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan,

ومعناه امتنعت من تبيينه لأني لا أعلمه فلا أخوض فيه بالرأي

“Maksudnya, aku tidak bisa menjelaskan, karena aku tidak mengetahuinya. Maka aku tidak berbicara tentang hal itu hanya berdasarkan pendapat (logika).” (Fathul Baari, 11/370)

Diriwayatkan bahwa Malaikat Israfil membondong sangkakala itu di atas pinggang kanannya, sedangkan kepala sangkakala berada tepat di depan mulutnya.

Dari waktu ke waktu Malaikat Israfil selalu menanti kapan perintah dari Allah SWT itu datang. Ketika masa dunia telah mencapai tujuannya semakin dekat lah sangkakala itu ke wajah Malaikat Israfil.

Pada saat hari yang dijanjikan telah tiba, Malaikat Israfil akan mengumpulkan keempat sayapnya dikenakannya. Lantas Dia pun meniup sangkakala itu maka hancurlah semua yang ada di dunia.

BACA JUGA:Panduan Lengkap saat Beli Mobil Second, Ikuti Pasti Tidak Rugi

Seperti diketahui terompet sangkakala akan ditiupkan Malaikat Israfil, namun ada pertanyaan apa yang dilakukan Malaikat Israfil sebelum meniup sangkakala?

Untuk menjawab itu, ada baiknya mengetahui firman Allah SWT yang menerangkan melalui Al-Qur'an, bahwa malaikat taat dan menjalankan perintah-Nya dapat dilihat dari salah satu ayat Al-Qur’an, yakni surah Al-Anbiya ayat 20.

يُسَبِّحُوْنَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُوْنَ 

Artinya: “Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang." (QS. Al-Anbiya: 20)

Selain meniup sangkakala, malaikat Israfil juga memiliki tugas lain. Dalam kitab Syarah Daqoiqul Akhbar, Imam Abdur Rahim bin Ahmad menjelaskan beberapa tugas yang dilakukan oleh malaikat Israfil sebelum tugasnya untuk meniup sangkakala dilakukan.

1. Mengayomi Makhluk dan Alam Semesta 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: