Iklan dempo dalam berita

Panduan Lengkap saat Beli Mobil Second, Ikuti Pasti Tidak Rugi

Panduan Lengkap saat Beli Mobil Second, Ikuti Pasti Tidak Rugi

Pengecekan yang harus dilakukan saat beli mobil second--

 

5. Periksa adanya karat atau kerusakan pada sistem pembuangan dan kolong mobil. Cari bintik-bintik hitam di sistem pembuangan (knalpot) yang bisa menandakan adanya kebocoran. Periksa juga apakah ada kerusakan dan karat pada rangka atau unibody (monokok) mobil.

BACA JUGA:Ragu Status Kepesertaan BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak? Begini Cara Mudah Mengeceknya

 

Jika ada karat, bukan berarti Anda tidak boleh membeli mobilnya. Namun, ini menandakan adanya keausan yang bisa memengaruhi harga mobil.

 

Karat yang meluas dan menimbulkan celah atau lubang kecil bisa membuat sistem pembuangan bocor dan memerlukan biaya perbaikan yang mahal.

 

Penyok atau retakan pada knalpot merupakan jenis kerusakan yang parah. Jangan membeli mobil dengan knalpot rusak, kecuali Anda bersedia membiayai perbaikannya. 

 

Tips: Periksa knalpot menggunakan jari ketika mesin sudah mendingin. Jika ada kotoran berminyak, berarti mobil mengalami masalah besar dan memerlukan biaya mahal untuk memperbaikinya.

 

6. Hindari membeli mobil yang rangkanya rusak. Kerusakan rangka (walaupun telah diperbaiki) akan mengurangi usia pakai mobil secara signifikan. Periksa bagian kolong dan tempat terhubungnya sepatbor depan dan tempat untuk menahan bagian atas radiator. Ini bisa dilas atau dibaut. 

 

Periksa kepala baut yang terdapat di bagian atas sepatbor di dalam kap mesin. Mobil yang rangkanya rusak atau pernah diperbaiki kemungkinan besar akan rusak lebih cepat daripada kendaraan yang rangkanya tidak rusak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: