Iklan dempo dalam berita

Romeo dan Juliet, Kisah Cinta 2 Remaja yang Keluarganya Bermusuhan, Bukan Karya Shakespeare?

Romeo dan Juliet, Kisah Cinta 2 Remaja yang Keluarganya Bermusuhan, Bukan Karya Shakespeare?

Potongan film romeo dan juliet--

Dikutip dari Student Scientific Creativity Journal (SSCJ) Vol.1, No.2 Maret 2023 oleh Tini Mogea dari Universitas Negeri Manado, Romeo dan Juliet adalah roman yang membentang dari Yunani kuno. Romeo dan Juliet berisi tentang kisah berlatar di Italia.

Dari kisah yang sudah lama tersebar itu, seorang penulis asal Inggris, Arthur Brooke menerjemahkannya ke dalam tulisan berbentuk syair pada 1562 dengan judul The Tragicall Historye of Romeus and Juliet.

Syair dari Brooke kemudian diceritakan lagi dalam bentuk prosa oleh William Painter pada 1582 dengan judul The Palace of Pleasure. Brooke dan Painter menjadi sumber utama Shakespeare menuliskan Romeo dan Juliet dengan alur yang lebih kompleks.

BACA JUGA:Tanpa Pertalite, Pertamina hanya Jual 3 Jenis BBM Tahun 2024, Ini Kendaraan yang Dianjurkan

Shakespeare menambahkan beberapa karakter, seperti Mercutio dan Count Paris agar ceritanya semakin dramatis. Diperkirakan drama ini ditulis sekitar tahun 1595-an dan pertama kali diterbitkan sebagai kuarto pertama pada tahun 1597.

Tak hanya karya sastra, kisah Romeo dan Juliet juga dibuat film pada tahun 1968 dan 1996. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Claire Danes.

 

Sejarah Singkat Shakespeare

 

Dalam buku Romeo dan Juliet karya William Shakespeare yang diterjemahkan Fatimah Rima, dkk pada tahun 2018, dijelaskan sejarah singkat tentang William Shakespeare, sang penulis asli buku tersebut.

Shakespeare lahir pada 26 April 1564 dan meninggal pada 23 April 1616. Dia tak hanya seorang penyair, tapi juga dramawan sekaligus aktor asal Inggris. Dia lahir di wilayah Stratford-upon-Avon, Warwickshire, Shakespeare.

Shakespeare menikah pada usia 18 tahun dengan wanita bernama Anne Hathaway yang usianya lebih tua, yaitu 26 tahun. Mereka memiliki tiga orang anak, yaitu Susanna, dan si kembar Hamnet dan Judith. Hamnet meninggal dunia pada usia muda karena penyebab yang tak diketahui.

BACA JUGA:Pantas Saja Kehidupan 5 Weton Ini Diselimuti Kekayaan, Ternyata Dinaungi Malaikat Rezeki

Dia meniti karier di London sekitar tahun 1585-1592, sebagai aktor, penulis serta pemilik teater yang dikenal dengan sebutan Lord Chamberlain's Men, dan kemudian berubah nama menjadi King's Men. Awalnya, Shakespeare banyak menulis drama komedi dan sejarah, kemudian beralih menulis cerita tragedi hingga tahun 1608, seperti Hamlet, Othello, King Lear, dan Macbeth yang dianggap sebagai karya terbaik berbahasa Inggris.

Karena karya-karyanya yang sangat besar, dia mendapat sebutan England's national poet atau penyair nasional Inggris. Semasa hidup, dia sudah menulis sedikitnya 38 naskah drama termasuk Romeo dan Juliet, 154 soneta, 2 puisi ranjang dan beberapa sajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: