Iklan dempo dalam berita

Hingga Juli 2023, Tercatat Ada 75 Kasus Gigitan Hewan terhadap Manusia

Hingga Juli 2023, Tercatat Ada 75 Kasus Gigitan Hewan terhadap Manusia

Hingga Juli 2023, Tercatat Ada 75 Kasus Gigitan Hewan terhadap Manusia--

BENGKULU SELATAN, RBTVCAMKOHA.COM - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Selatan saat ini mencatat ada 75 kasus gigitan hewan kepada manusia.

Dari jumlah kasus tersebut belum diketahui apakah terinfeksi rabies. Mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pertanian dan Peternakan Bengkulu Selatan telah menyiapkan sekitar 1.000 dosis vaksin. 

BACA JUGA:Karomah Syaikhona Kholil Sangat Banyak, Diantaranya Bisa Sholat di Masjidil Haram Pakai Selembar Daun

Rabies sendiri merupakan penyakit infeksi mematikan yang berasal dari gigitan, cakaran, air liur hewan yang terinfeksi rabies. Sumber penular rabies berasal dari hewan terutama pada anjing. 

Selain itu, beberapa hewan liar pun juga bisa menularkan, seperti kelelawar, berang-berang, anjing hutan, rubah, monyet, dan rakun.

BACA JUGA:BKD Lebong Minta KJPP Lakukan Penilaian Kendaraan Dinas DPRD

Pemberantasan kasus hewan rabies di Kabupaten Bengkulu Selatan terus berlangsung, saat ini vaksinasi ini dilakukan agar tidak ada lagi hewan peliharaan maupun hewan yang berkeliaran terjangkit kasus ataupun terinfeksi rabies.

Sementara itu, hingga Juli tahun 2023 Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Selatan menerima laporan gigitan hewan kepada manusia sebanyak 75 kasus. 

BACA JUGA:Benarkah Tetangga dan 40 Rumah Sekitar Ikut Terseret Dosa Pelaku Zina? Ini Penjelasannya

Jumlah ini diperkirakan terus bertambah, namun belum ada laporan korban yang terinfeksi rabies akibat gigitan hewan peliharaan jenis kucing dan anjing ataupun hewan liar lainnya. 

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Bengkulu Selatan ikat Maulana mengatakan, untuk penanganan hewan rabies memang menjadi salah satu agenda besar pemerintah daerah. 

BACA JUGA:BKD Lebong Minta KJPP Lakukan Penilaian Kendaraan Dinas DPRD

“Katakanlah hanya satu terjadi pada tahun 2016, nah untuk sampai saat ini belum ada yang terjadi kemantian itu. Kalo untuk kasus rabies di bulan juli tahun 2023 ini ada sebanyak 75 kasus gigitan” imbuhnya 

Apalagi sudah ada kasus korban yang meninggal dunia akibat terinfeksi rabies, kasus rabies yang mengakibatkan korban meninggal dunia ini tercatat ada 1 kasus dan terjadi pada tahun 2016 lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: