Iklan dempo dalam berita

Waduh… Data SIPD Pemkab Seluma Hilang Diretas

Waduh… Data SIPD Pemkab Seluma Hilang Diretas

RbtvCamkoha - Rapat Paripurna DPRD Seluma tentang agenda Nota Pengantar APBD 2023 kembali molor sejak semula dijadwalkan Senin siang (10/10).

Usut punya usut ternyata data Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Pemkab Seluma usai diretas atau dibobol hacker.

Hal ini terungkap setelah digelarnya rapat koordinasi antara tim Banggar DPRD Seluma yang dihadiri Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pada Selasa siang (11/10) di ruang rapat Sekretariat DPRD Seluma, yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Pemkab Seluma Hadianto.

Sekretaris Pemkab Seluma Hadianto ketika dikonfirmasi enggan berkomentar banyak terkait hal tersebut. Namun hanya menyebutkan sebatas rapat koordinasi biasa, terkait molornya jadwal Paripurna agenda tentang Nota Pengantar APBD 2023 yang rencananya akan dijadwalkan ulang setelah digelarnya rapat Banmus pada Rabu 12 Oktober 2022 ini, sekaligus membahas perubahan struktur APBD

\"Iya hanya rapat koordinasi biasa, terkait molornya jadwal Paripurna penyebabnya agak rumit, nanti kita jadwalkan ulang Banmus sekaligus membahas perubahan struktur APBD 2023,\" ujar Hadianto.

Sementara itu, salah seorang anggota Banggar DPRD Seluma Tenno Haika mengungkapkan permasalahan molornya jadwal Paripurna tentang agenda Nota Pengantar APBD 2023 ini disebabkan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) telah dihack hingga menyebabkan seluruh data setiap OPD hilang terhapus.

Tenno juga mengindikasi hilangnya data dalam SIPD ini sejak 2 pekan lalu, bukan disebabkan oleh Bjorka, namun diduga sengaja dilakukan oleh oknum ASN yang selama ini mengetahui password SIPD yang dipegang admin masing-masing OPD.

\"Iya molornya paripurna Nota Pengantar APBD kemaren ini disebabkan karena SIPD Pemkab Seluma telah diretas oleh ulah oknum orang dalam yang selama ini mengetahui password yang dipegang admin masing-masing OPD,\" ujar Tenno Haika.

Ditambahkan Tenno, pihaknya juga akan melaporkan perkara ini ke APH agar tidak lagi terulang.

SAKSIKAN SELENGKAPNYA DI LAPORAN DAERAH RBTV

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: