Iklan dempo dalam berita

Pernikahan Anjing yang Mewah Berujung Kontroversi, Dianggap Melecehkan Adat Jawa

Pernikahan Anjing yang Mewah Berujung Kontroversi, Dianggap Melecehkan Adat Jawa

Pernikahan dua ekor anjing yang menjadi kontroversi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Dalam beberapa hari terakhir jagad dunia maya dihebohkan dengan pernikahan dua ekor anjing.

 

Pernikahannya begitu mewah, bahkan mengalahkan kemewahan pernikahan manusia. Diketahui anjing tersebut bernama Jojo dan Luna milik Valentina Chandra (Valen) dan Indira Ratnasari (Nena).

 

Pernikahan digelar Jumat (14/7) lalu di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

BACA JUGA:Bolehkah Wanita Haid Bersholawat? Begini Penjelasan Buya Yahya

 

Namun belakangan pernikahan ini menjadi kontroversi. Penyebabnya pernikahan anjing ini menggunakan konsep adat Jawa. Karenanya beberapa pihak menilai pernikahan dua ekor anjing ini telah melecehkan adat Jawa.

 

Bahkan Dinas Kebudayaan (Disbud) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ikut bersuara. "Sangat menyayangkan dan menyatakan ketidaksetujuan atas terselenggaranya kegiatan The Royal Wedding Jojo dan Luna, yang terpublikasi secara viral pada media sosial," kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi, dikutip dari akun resmi Instagram Dinas Kebudayaan DIY, @dinaskebudayaandiy.

BACA JUGA:Presiden Resmikan Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung

 

Penjelasan Dian, upacara adat pernikahan, baik prosesi adat maupun nilai/marwahnya, telah dilindungi dalam Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dan Perda Istimewa DIY Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Kebudayaan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: