Tertarik Beli Mobil Baru, Pahami Dulu Kekurangan Membeli Mobil Baru, Berserta Tips agar Tidak Rugi

Jumat 14-06-2024,15:57 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Apakah membeli mobil baru adalah prioritas utama dalam tujuan keuangan Anda? Jika ya, maka Anda dapat merencanakan keuangan untuk menyiapkan dana membeli kendaraan. 

BACA JUGA:Ini Jenis Pinjaman tanpa Agunan BRI, Minimal Usia 21 Tahun Bisa Ajukan Pinjaman

Jika Anda membeli mobil baru dengan menggunakan KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), toh Anda juga perlu menyiapkan uang mukanya kan?

Dalam menentukan tujuan keuangan, seringkali kita dihadapkan pada realita adanya kemauan ini dan itu. Ingin membeli ini, ingin membeli itu dan lain sebagainya. Oleh karena itu Anda perlu memikirkan dengan menggunakan logika, bukan emosi.

BACA JUGA:Butuh Dana Darurat tapi Bingung Mau Gadai Apa? Ini Daftar 8 Pinjaman Rp 25 Juta tanpa Jaminan

2. Tentukan Anggaran atau Budget

Setelah Anda menentukan kebutuhan Anda, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan anggaran atau budget. Buatlah anggaran yang masuk akal dan realistis, jangan terlalu memaksakan. 

Membeli mobil memang kebutuhan, tetapi jangan sampai mengorbankan tujuan-tujuan keuangan lainnya yang juga penting, contoh membeli rumah. Jangan melakukan kebodohan, dengan membeli mobil terlebih dahulu, padahal belum memeliki rumah atau tempat tinggal.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih, Ini Daftar 100 Pinjol Legal Terbaru Juni 2024 Izin OJK Ketika Butuh Uang Segera

3. Kenali Informasi Produk Selengkap-Lengkapnya

Berikutnya adalah mengenali informasi produk selengkap-lengkapnya. Anda dapat browsing di internet, majalan otomotif atau forum di internet.

Orang-orang yang datang ke showroom biasanya sudah mengetahui spesifikasi teknis produk dan hanya ingin mengecek spesifikasi teknis dengan barang yang dipamerkan.  Agar Anda tidak merasa rugi saat membeli mobil, lakukan riset awal melalui internet.

BACA JUGA:5 Risiko tidak Bayar Pinjol Ilegal, Nomor 3 Sering Buat Orang Bundir

Anda dapat membandingkan antara harga mobil baru dengan harga bekasnya. Kira-kira berapa penurunan harga, antara mobil baru dan bekas. Dari situ Anda dapat mempertimbangkan untung ruginya membeli mobil tersebut.

4. Ajak Teman, Kenalan atau Saudara yang Mengetahui tentang Mobil

Membeli sesuatu barang, paling enak kalau ditemani oleh orang yang memahami barang tersebut. Salah satunya jika kita lagi mencari mobil, tentu saja paling enak ditemani oleh orang yang mengetahui mobil. Mintalah pendapat kedua (second opinion) sebagai pelengkap informasi yang disampaikan oleh sales mobil.

Kategori :