Presiden Jokowi Soroti Kenapa Banyak WNI Berobat ke Singapura? Ternyata Ini Alasannya

Kamis 30-05-2024,15:40 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Selain itu, keberadaan rumah sakit juga tidak merata di seluruh Indonesia dan kebanyakan berpusat di Jakarta. Setidaknya ada tujuh sebab yang melatarbelakangi keputusan pasien Indonesia berobat ke luar negeri.

Menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari RS Bethsaida Gading Serpong, Tangerang, Dasaad Mulijono. Pertama, kurangnya mutu pelayanan dan pengawasan kesehatan rumah sakit Indonesia.

BACA JUGA:10 Lulusan PPPK Kepahiang Gagal Dilantik, Apa Penyebabnya?

Kedua, teknologi dan obat-obatan di rumah sakit luar negeri yang diyakini lebih canggih. Ketiga, kurang puas terhadap komunikasi dokter dan SDM rumah sakit yang menurut mereka kurang bersahabat.

Keempat, ketepatan diagnosis. Kelima, standar makanan hingga sarana hiburan di rumah sakit luar negeri menciptakan suasana yang menyenangkan selama berobat.

Keenam, reputasi kelas dunia, dan Ketujuh, testimoni kepuasan dari banyak pihak membuat orang Indonesia makin mantap berobat ke luar negeri.

Padahal menurut Dasaad, rumah sakit di Indonesia sudah dilengkapi teknologi canggih yang terintegrasi dengan kompetensi para dokter yang berpengalaman di bidangnya.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman Kupedes BRI 2024, Pinjam Rp 65 Juta Cicilan Murah, Tempo 4 tahun

Sementara vitu, berobat ke Singapura membutuhkan persiapan khusus. Anda dan keluarga akan singgah sementara di luar negeri dengan sistem alur pengobatan yang berbeda dengan Indonesia. Berikut ini langkah dan cara berobat ke Singapura

1. Pilih Rumah Sakit dan Dokter

Singapura memiliki banyak dokter berpengalaman di bidangnya. Anda tidak perlu bingung karena Konsultan Medis siap memberikan rekomendasi rumah sakit dan dokter sesuai dengan kebutuhan medis Anda.

2. Buat Janji Temu

Setelah menentukan tujuan berobat dan dokter yang ingin dituju, Anda akan diminta mengirimkan resume medis untuk dokter menganalisa kondisi medis Anda. 

Jika dokter setuju untuk melakukan perawatan, maka Anda bisa membuat janji temu dengan dokter dan melanjutkan langkah selanjutnya. Konsultan Medis siap membantu Anda berkomunikasi dengan dokter sampai janji temu dilakukan.

BACA JUGA:4 Cara Cek Insentif Kartu Prakerja 2024, Silakan Dicek Sudah Cair Belum?

3. Pesan Akomodasi dan Transportasi

Kategori :