Berapa Siung Konsumsi Bawang Putih untuk Pria? Begini Aturan Penggunaannya

Sabtu 11-05-2024,21:36 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

1. Meningkatkan libido

Sebagian ahli mempercayai kalau bawang putih adalah makanan afrodisiak. Istilah ini menggambarkan jenis makanan, minuman, ramuan, atau obat yang dapat meningkatkan libido. 

Penelitian pada hewan membuktikan kalau senyawa yang disebut S-allyl cysteine dalam bawang putih meningkatkan produksi testosteron pada tikus. 

BACA JUGA:Wajib Dicoba, Begini Cara Mengolah Daun Pandan agar Mendapat Khasiatnya untuk Kesehatan

Testosteron adalah hormon yang mengatur produksi sperma, membantu perkembangan alat kelamin hingga mengatur libido pria. Sayangnya, butuh penelitian lebih lanjut untuk melihat efeknya pada manusia. 

Walaupun hasil studi ilmiahnya masih terbatas, kamu tetap bisa mencobanya untuk mendapatkan efek libido. Konsumsi bawang putih secara rutin selama satu bulan untuk merasakan manfaatnya.

BACA JUGA:Auto Kuat! Ini 5 Manfaat Daun Kelor untuk Tingkatkan Vitalitas Pria

2. Mencegah impotensi

Dalam satu siung bawang putih terkandung mangan, kalsium, tembaga, selenium, vitamin B1, B6, dan C. Seluruh nutrisi tersebut bisa mencegah impotensi yang rentan menyerang pria berusia lanjut. 

Konsumsi bawang putih dalam kondisi mentah untuk mendapatkan manfaat ini. Tambahkan bawang putih ke dalam masakan jika kamu tidak suka mengonsumsi bawang mentah.

BACA JUGA:Auto Kuat! Ini 5 Manfaat Daun Kelor untuk Tingkatkan Vitalitas Pria

3. Melindungi fungsi prostat

Kelenjar prostat berfungsi menghasilkan cairan yang menutrisi dan melindungi sperma. Sekitar 70 persen volume air mani bahkan terdiri dari cairan ini. Produksi cairan tersebut otomatis mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Za allicin dalam bawang putih diklaim mampu mencegah proses tersebut.

BACA JUGA:Punya Aroma yang Khas, Ini 12 Khasiat Daun Kemangi untuk Wanita

Sebuah studi mengungkapkan jika pria yang rutin mengonsumsi bawang putih berisiko rendah terkena benign prostatic hyperplasia (BPH). BPH atau pembesaran kelenjar prostat adalah penyakit yang menyebabkan aliran urine yang tersendat, buang air kecil yang tidak tuntas hingga susah buang air kecil. 

BACA JUGA:Khasiat Daun Pandan dan Madu, Ternyata Ampuh Atasi 7 Penyakit Ini

Kategori :