Efektif dan Aman Obati Penyakit Jantung, Begini Cara Mengolah Daun Salam agar Dapat Khasiatnya

Senin 06-05-2024,10:14 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Efektivitas air rebusan daun salam untuk mengobati penyakit jantung  memang masih belum ada penelitian yang lebih lanjut. Namun, secara umum rebusan daun ini bisa memberikan manfaat kesehatan dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Perlu diketahui juga sebelum mengkonsumsi rebusan daun salam sebagai pengobatan medis. Alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Konsultasi dengan dokter bertujuan untuk mencegah terjadinya efek samping atau interaksi obat yang Anda konsumsi. Selain itu, konsultasi dokter ini juga bertujuan untuk memberikan saran sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

BACA JUGA:Simpanan Emas di Bagian Barat Pulau Emas Suwarnadwipa, Peninggalan Emas Zaman Kolonial Belanda

Daun salam memang bisa memberikan manfaat bagi tubuh apabila kita konsumsi dalam jumlah yang dianjurkan. Konsumsi daun salam ini secara berlebihan bisa menimbulkan efek buruk pada orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Itulah manfaat daun salah untuk jantung lengkap dengan cara pengolahan hingga panduan konsumsi. Selain bermanfaat untuk jantung daun salam juga bermanfaat bagi kesehatan lainya.

BACA JUGA:Berencana Menikah Tahun Ini? Menurut Islam, Ini Bulan-bulan yang Baik untuk Menikah

Berikut manfaat lain dari daun salam:

1. Menurunkan Kolesterol
Menurut ahli gizi Apurva Agarwal, daun salam memiliki sifat anti-inflamasi, anti-diare, dan anti-diabetes serta dapat memperkuat tubuh. Daun salam juga membantu menurunkan kolesterol darah, mengontrol gula darah, dan kadar asam urat.

Daun salam berkontribusi pada pengaturan kadar kolesterol, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung secara umum.

BACA JUGA:Anti Jadul! Ini 56 Referensi Nama Bayi Laki-laki yang Islami Penuh Makna

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Senyawa kimia dalam daun salam telah terbukti sangat bermanfaat dalam mengobati sakit perut, meredakan sindrom iritasi usus besar, dan bahkan memperlancar pencernaan makanan.

3. Mengobati Gangguan Pernapasan
Daun salam telah lama digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan. Sebagai dekongestan alami, zat dalam daun ini dapat membantu mengurangi gejala penyakit pernapasan seperti bronkitis dan asma.

BACA JUGA:Kenapa Pulau Sumatera Disebut Swarnadwipa? Ini Sejarah Panjangnya

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis
Antioksidan yang ditemukan dalam daun salam membantu tubuh melawan radikal bebas.

Dengan menurunkan risiko penyakit kronis dan melindungi sel dari stres oksidatif, antioksidan ini meningkatkan kesehatan secara umum.

Kategori :