Lawan Gula Darah Tinggi! Ini 6 Rekomendasi Rebusan Daun Alami untuk Penderita Hiperglikemia

Kamis 02-05-2024,13:58 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:4 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Salam dan Serai, Bantu Obati Penyakit Ini

Penting pula untuk melakukan pengobatan dan perubahan gaya hidup, seperti menjaga pola makan, olahraga teratur, dan tidur cukup agar gula darah tinggi dapat teratasi.

Sementara itu, gula darah tinggi merupakan kondisi yang perlu diwaspadai karena bisa berkembang menjadi penyakit. Beberapa penyakit yang timbul akibat gula darah tinggi sebagai berikut:

1. Penyakit Kardiovaskular

Gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang berada di sekitar jantung. Secara perlahan kerusakan ini bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, terutama penyakit jantung.

2. Neuropati

Neuropati adalah kerusakan saraf yang bisa memengaruhi sistem saraf pusat dan saraf tepi. Penyakit ini terjadi karena gula darah tinggi merusak saraf di seluruh tubuh. 

Salah satu jenis neuropati karena gula darah tinggi adalah neuropati diabetik yang biasanya merusak saraf di tangan dan kaki. Neuropati diabetik juga menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, saluran kemih, pembuluh darah, dan jantung.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KPR BPJS Ketenagakerjaan, Waktu Angsuran 1-20 Tahun, Ini Ketentuan Syaratnya

3. Gangguan Ginjal

Ginjal terdiri dari jutaan filter kecil yang dikenal dengan istilah nefron. Gula darah tinggi dapat merusak nefron dan pembuluh darah di area ginjal sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Salah satu penyakit ginjal yaitu gangguan ginjal kronis yang bisa diketahui setelah didiagnosis oleh dokter.

Selain dengan melakukan pengobatan secara alami seperti mengonsumsi minuman di atas, kondisi hiperglikemia atau gula darah tinggi masih bisa dicegah melalui perubahan gaya hidup. 

Selain itu, lakukan juga langkah lain seperti mengelola stres dan mengontrol berat badan untuk mencegah gula darah tinggi supaya tidak menjadi penyakit kronis. Ikuti langkah di bawah ini.

1. Perubahan Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup berarti perlu untuk mengatur pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik. Pilihlah makanan yang sehat dan memiliki gizi seimbang. Hindari makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi. 

Kategori :