Dikenal Penghasil Timah Terbesar, Ternyata Bangka Belitung Simpan Harta Karun 6 Miliar Ton, Ini Lokasinya

Selasa 30-04-2024,17:34 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Sebagai tambahan, informasi timah memiliki beragam aplikasi dan kegunaan penting dalam berbagai industri. Berikut adalah beberapa penggunaan utama timah:

1. Industri Logam

Salah satu penggunaan utama timah adalah sebagai bahan dasar dalam pembuatan logam campuran, seperti timah hitam, paduan timah-tembaga, dan paduan timah-perak.

Logam-logam ini digunakan dalam industri manufaktur untuk membuat berbagai produk, termasuk peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, pipa, kabel listrik, dan alat transportasi.

BACA JUGA:Harta Karun 1,2 Juta Ton Nikel di Indonesia yang Masih Tersimpan dan Belum Tergarap, Berapa Kalau Dirupiahkan?

2. Pelapis

Timah digunakan sebagai pelapis pada logam baja untuk mencegah korosi dan meningkatkan ketahanan terhadap cuaca dan lingkungan.

Pelapis timah yang umum digunakan meliputi timah hitam, timah putih, dan paduan timah-tembaga.

BACA JUGA:Harta Karun Senilai Rp 30.000 Triliun Masih Tersimpan di Papua, Belum Digarap dan Lokasinya Berisiko

3. Pembuatan Kaleng

Salah satu penggunaan paling umum dari timah adalah untuk pembuatan kaleng makanan dan minuman. Kaleng yang dilapisi dengan timah dikenal sebagai kaleng timah, yang melindungi makanan dari kontaminasi, oksidasi, dan kerusakan selama penyimpanan dan pengiriman.

BACA JUGA:Harta Karun 1 Juta Ton Emas yang Belum Tergarap ada di Pulau Sumatera, Berada di Kawasan Bukit

4. Industri Elektronik

Timah digunakan dalam industri elektronik untuk membuat solder, sebuah bahan yang digunakan untuk menghubungkan komponen elektronik pada papan sirkuit.

Solder timah digunakan dalam proses penyolderan untuk perakitan komponen elektronik seperti papan sirkuit cetak dan kabel.

BACA JUGA:Harta Karun Cair, Ini Lokasi dan Potensi Cadangan Minyak Bumi Kalimantan Timur

Kategori :