Hukum Menikah dengan Sepupu Apakah Boleh? Ini Penjelasan Menurut Ustaz Adi Hidayat

Rabu 20-03-2024,17:55 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Bagaimana saat Malam Lailatul Qadar tetapi Sedang Haid? Ini Amalan yang Bisa Dikerjakan

3. Penyakit resesif autosomal

Seperti penjelasan di atas, menikah dengan sepupu akan meningkatkan risiko gangguan resesif autosomal pada anak. Kondisi ini hanya muncul saat anak mendapatkan dua salinan gen dari orang tuanya.

Ini karena orang tua Anda mempunyai dua salinan dari gen yang abnormal, kondisi ini membuat anak berisiko mengidap gangguan resesif autosomal. Wujudnya bisa berupa penyakit anemia sel sabit, fibrosis kistik, cystinuria, thalasemia, dan fibrosis hati.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Berhubungan Suami Istri di Malam Lailatul Qadar? Begini Penjelasannya

Pada dasarnya, setiap gen yang Anda dapatkan pastinya akan berpasangan. Satu gen berasal dari ibu dan satu lagi dari ayah. Jika kedua gen orang tua Anda abnormal, inilah yang bisa menyebabkan masalah kesehatan terkait gen resesif.

BACA JUGA:Fenomena Langkah, Benarkah Ramadhan akan Terjadi 2 kali dalam Setahun di 2030 Mendatang?

4. Penyakit menular

Salah satu risiko pernikahan sepupu dalam kesehatan yaitu kerentanan akan penyakit menular yang menjadi jauh lebih besar. Hal ini sejalan dengan penelitian oleh Lyons dkk. dalam jurnal Biology Letters pada 2009 silam.

Pada penelitian tersebut, ditemukan bahwa keturunan dari pasangan yang mempunyai hubungan dekat lebih rentan terhadap penyakit menular seperti TBC dan hepatitis.

BACA JUGA:Tingkatkan Ibadah di Malam Lailatul Qadar, Ini 7 Keutamaan Malam Lailatul Qadar

5. Kematian bayi

Dua pasangan dengan garis keturunan yang sama akan meningkatkan risiko kematian bayi. Janin bisa saja meninggal pada minggu ke-20 hingga 28 kehamilan.

Salah satu studi lama dalam American Journal of Public Health juga menjelaskan bahwa risiko kematian bayi lebih tinggi dialami oleh anak-anak yang lahir dari hubungan persepupuan.

Dengan banyaknya risiko kesehatan yang dialami karena menikah dengan sepupu, tentu akan lebih baik untuk menghindari hal ini.

BACA JUGA:Raih Keberkahan dan Kemuliaan di Malam Lailatul Qadar, Ini Ciri-ciri Orang yang Mendapatkannya

Kategori :