Cara Menghilangkan Pori-Pori Tersumbat di Wajah, 5 Cara Ini Dijamin Efektif

Rabu 27-12-2023,20:40 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Sarung bantal dapat menyerap kotoran seperti makeup, produk perawatan rambut atau minyak saat kamu tidur. Sering mencuci sarung bantal dan seprai dapat membantu mencegah perpindahan minyak dan kotoran ke wajah.

• Polusi (debu dan kotoran)

Selain kotoran yang dapat dilihat dengan mata, polutan di sekitar juga menghantui kulit setiap harinya. Berbagai gangguan dari luar ini tidak hanya menyebabkan iritasi kulit tetapi juga dapat terperangkap di dalam pori. 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Kulit Terlihat Lebih Mulus

• Jenis Kulit

Jenis kulit merupakan faktor genetik yang tidak dapat dikendalikan oleh manusia dan dapat memengaruhi pori-pori. Pori-pori pada kulit berminyak umumnya lebih mudah tersumbat. Hal ini disebabkan oleh produksi sebum secara berlebih pada jenis kulit tersebut. Selain itu, pori-pori pada kulit berminyak juga cenderung lebih kentara sebab minyak berlebih yang dihasilkan kulit membuat pori-pori membesar. Karena itu, mengangkat minyak berlebih di kulit dapat membantu menyamarkan pori.

BACA JUGA:Tidak Perlu ke Salon Kecantikan, Ini 11 Cara Alami dan Sederhana Menyamarkan Pori-Pori Wajah

Cara Mengatasi Pori-pori Tersumbat

Berikut cara mengatasi pori-pori tersumbat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membersihkan wajah dengan teknik double cleansing

Salah satu penyebab pori-pori tersumbat adalah tidak membersihkan wajah dengan baik dan benar. Sehingga membuat sel kulit mati, kotoran, dan sebum tertumpuk sehingga pori-pori jadi lebih mudah tersumbat. Untuk itu, membersihkan wajah dengan facial wash saja tak cukup, kamu harus melakukan double cleansing.

BACA JUGA:6 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Terlihat Mulus, Bisa Dicoba di Rumah

Double cleansing merupakan langkah membersihkan wajah yang diawali dengan cleansing oil/balm yang dilanjutkan dengan facial wash. Dua langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa sisa makeup, kotoran, dan sebum sudah terangkat sempurna, sehingga tidak menyumbat pori-pori. Untuk itu, pastikan melakukan double cleansing setiap hari.  

2. Menggunakan cleansing device 

Tidak hanya sekedar gimmick, menggunakan cleansing device juga menjadi salah satu cara mengatasi pori-pori tersumbat pada wajah. Cleansing device bekerja membersihkan pori-pori secara mendalam, sehingga tak ada lagi residu yang tertinggal. Saat ini, sudah banyak cleansing device yang dijual dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas yang bagus. 

BACA JUGA:Kecilkan Pori Wajah Hanya dengan Es Batu, Begini Caranya 

Kategori :