10 Jenis Buah-buahan yang Aman dan Rekomendasi untuk Penderita Diabetes Konsumsi Sehari-hari

Sabtu 23-12-2023,20:50 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

Jadi, jika Anda ingin menjaga kesehatan dan mengurangi risiko obesitas dan resistensi insulin, alpukat adalah pilihan yang sangat baik untuk Anda.

BACA JUGA:Waspada dan Jangan Dianggap Remeh, Ada 4 Dampak Konsumsi Gula Berlebihan, Nomor 1 Rentan Diabetes

5. Jambu biji 

Jambu biji memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Buah ini mengandung banyak serat dan antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, dan asam folat. 

Kandungan vitamin C dalam jambu biji bahkan dua kali lebih banyak daripada jeruk manis. Ingatlah, hanya dengan satu buah jambu biji berukuran sedang, kita sudah mendapatkan empat kali lebih banyak vitamin C dan betakaroten daripada sebiji jeruk. 

Selain itu, jambu biji juga kaya akan kalsium, kalium, zat besi, dan vitamin B yang bagus untuk kesehatan tubuh. Menurut beberapa sumber, jambu biji mengandung 4,9 gram gula, 7,9 gram karbohidrat, dan 3 gram serat per buah. Jadi, Anda bisa langsung mengiris dan memakan jambu biji ini, termasuk kulitnya. 

BACA JUGA:Tak Cuma Lezat, Ini 8 Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan, Ampuh Turunkan Diabetes

6.Kiwi 

Anda dapat menjadikan kiwi sebagai buah rendah gula berikutnya di list belanja anda. Kiwi mengandung 6,2 gram gula, 10,1 gram karbohidrat, dan 2,1 gram serat per buah. Buah ini juga memiliki rasa yang lebih ringan tetapi memiliki warna yang indah jika anda tambahkan pada salad buah. 

BACA JUGA:Waspada, Jika Anda Mengalami Hal Berikut Bisa Jadi Itu Tanda Diabetes

7. Apel 

Apel merupakan buah yang kaya serat dan mengandung nutrisi penting seperti vitamin C dan antioksidan. Kandungan gula dalam apel terbilang rendah, dan seratnya membantu mengontrol penyerapan gula dalam tubuh. Penderita diabetes dapat menikmati apel sebagai camilan sehat atau menambahkannya dalam salad.

BACA JUGA:Lakukan Hal Ini agar Anda Terhindar dari Penyakit Diabetes, Semuanya Mudah Dilakukan

8. Plum 

Buah selanjutnya yang dapat anda coba adalah Pum. Buah plum mengandung kurang dari 7 gram gula, 1 gram serat, dan 30 kalori, sehingga membuatnya aman untuk dikonsumsi bahkan bagi penderita diabetes. Saat membeli plum, pilihlah buah yang berwarna tua. Anda dapat mengonsumsi buah ini seperti seperti apel.

BACA JUGA:Anak-anak Rawan Terserang Diabetes, Kenali Gejala Diabetes pada Anak

Kategori :