Jangan Terlalu Sering Pakai Obat Kimia, Berikut Resep Obat Herbal untuk Atasi Sakit Gigi Ala dr. Zaidul Akbar

Minggu 03-12-2023,15:23 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

5. Cengkeh

Cengkeh juga berkhasiat mengobati sakit gigi secara alami. Zat augenol dalam cengkeh secara efektif dapat meredakan rasa nyeri dan mengurangi peradangan.

Caranya, encerkan cengkeh dengan minyak bunga matahari atau jojoba, lalu oleskan ke area yang sakit menggunakan kapas beberapa kali. Tambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air, gunakan berkumur.

6. Bilas air garam

Berkumur dengan air garam bisa menjadi cara pertama yang efektif untuk mengobati sakit gigi. Air garam menjadi disinfektan alami yang dapat membantu melonggarkan kotoran yang tersangkut di sela-sela gigi.

Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut. Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengurangi Minus Mata, Tidak Perlu Operasi

7. Kompres dingin

Kompres dingin juga dapat meredakan rasa sakit yang dialami akibat sakit gigi, terutama jika jenis trauma apa pun yang menyebabkan sakit gigi. Caranya pegang kantong es yang dibungkus handuk ke area yang terkena selama 20 menit setiap kali. Ulangi beberapa kali setiap beberapa jam, lakukan secara perlahan.

8. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun jambu biji juga punya antimikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Caranya, kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke dalam air mendidih untuk membuat obat kumur.

9. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat anti bakteri yang baik untuk menyembuhkan beberapa penyakit akibat bakteri, termasuk meredakan nyeri sakit gigi.

BACA JUGA:Tidak Perlu Keluar Uang, Begini Cara Memperlambat hingga Penyembuhan Mata Minus

Caranya, hancurkan siung bawang putih menjadi kemudian oleskan ke area yang sakit. Atau cara lain, siapkan satu siung bawang segar dan sedikit garam kemudian kunyah.

Kategori :