Jangan Terlalu Sering Pakai Obat Kimia, Berikut Resep Obat Herbal untuk Atasi Sakit Gigi Ala dr. Zaidul Akbar

Minggu 03-12-2023,15:23 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

1. Pasta gigi dari bentonite clay dan coconut oil

Gunakan pasta gigi dari Bentonite Clay atau tanah liat alami bertekstur bubuk. Campurkan bentonite clay dengan Coconut Oil yang sudah membeku untuk membuat pasta gigi sehat.

"Kalau Anda ketemu dengan tanah liat, bentonite clay teman-teman bisa campurkan dengan Coconut oil tadi atau minyak kelapa yang sudah beku campur, adukin itu bisa buat pasta gigi," jelas dr Zaidul Akbar. 

2. Gunakan VCO atau Virgin Coconut Oil (minyak kelapa murni).

Virgin coconut oil atau VCO adalah minyak dari olahan daging kelapa tua yang masih segar. Cara mengobati sakit gigi dengan minyak kelapa dengan berkumur menggunakan sekitar satu sendok minyak selama 20 menit.

Bukan hanya untuk mengobati sakit gigi, minyak kelapa juga bisa sekaligus menjaga kebersihan mulut. Sebaiknya dibiasana rutin berkumur dengan minyak kelapa meskipun tidak sedang sakit gigi.

BACA JUGA:Berkah Akhir Tahun, Berikut Deretan Bansos yang Segera Cair Desember 2023, Cek Nama Penerimanya Disini

"Salah satu caranya menggunakan yang saya pahami adalah melakukan oil cooling dengan menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil), itu nanti Anda ambil lalu Anda kumur-kumur untuk membersihkan mulut," terang dr Zaidul Akbar.

Ia juga mengatakan kalau VCO bisa dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat pasta gigi yang sehat.

3. Arang

Cara ketiga adalah menggunakan arang sebagai pasta untuk sikat gigi. Sebab arang punya sifat antibakteri.

"Sekarang kan lagi heboh-hebohnya, charcoal atau arang tuh juga bisa. Dulu saya diajari ibu saya ya pakai arang untuk menyikat gigi, itu bagus sebenarnya makanya sekarang beberapa pasta gigi pakai arang karena punya sifat antibakteri," ujar dr Zaidul Akbar.

4. Teh celup peppermint

Kantong teh peppermint bisa digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri dan menenangkan gusi sensitif. Tunggu kantong teh bekas dingin, baru mengoleskannya ke area yang sakit.

BACA JUGA:Ini Dokumen yang Dibawa Saat Tes Wawancara Mitra Statistik BPS 2024, Cek juga Contoh Soalnya

Caranya masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya, lalu tempelkan kantong teh tersebut ke area gigi yang sakit.

Kategori :