Sudah Pernah Dengar Kisah Ashabul Kahfi, tapi di Mana Letak Goanya?

Jumat 20-10-2023,20:57 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Tempat ibadat yang dimaksudkan adalah rumah ibadah penganut Nasrani. Ketika zaman kerajaan Umaiyah, rumah ibadat tersebut telah dijadikan masjid.

Berdasarkan penjelasan dalam ayat-ayat surat Al Kahfi, gua yang paling cocok dengan gambaran kisah Ashabul Kahfi adalah gua yang terletak di Kota Abu Alanda, Yordania.

Kisah Ashabul Kahfi

Kisah Ashabul Kahfi termaktub dalam QS Al-Kahf, surah ke 18 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 110 ayat. Dalam surah ini dikisahkan tujuh pemuda yang hidup sebelum zaman Nabi Muhammad SAW. 

Ketujuh pemuda tersebut beriman kepada Allah SWt, dan dibuat tertidur di gua hingga ratusan tahun lamanya untuk diselamatkan dari hukuman mati.

BACA JUGA:Mudah, Ternyata Begini Cara Mengatasi Kutu Busuk pada Kasur

Menurut beberapa sejarawan Islam, ketujuh pemuda tersebut bernama Maxalmena, Martinus, Kastunus, Bairunus, Danimus, Yathbunus dan Thamlika. 

Ketujuh pemuda ini hidup di zaman Raja Diqyanus. Raja ini menyembah berhala. Ia memaksa rakyatnya ikut menyembah berhala. Jika tidak menuruti kemauannya, konsekuensinya adalah hukuman mati.

Ketujuh pemuda itu berpegang teguh dengan keyakinannya. Mereka tidak mau mengikuti perintah raja untuk menyembah berhala. Mereka pun akhirnya melarikan ke sebuah goa.

Selama di perjalanan, tujuh pemuda itu diikuti oleh seekor anjing, yang menurut beberapa sejarawan Islam memiliki nama Kithmir. Meskipun telah diusir, anjing tersebut tetap mengikuti. Setibanya di goa, anjing tersebut menjaga tujuh pemuda itu di depan pintu goa.

BACA JUGA:Masih Kecil Mata Anak Sudah Minus, Apakah Masih Bisa Disembuhkan?

Kemudian para pemuda itu berdoa kepada Allah agar diberikan petunjuk yang lurus dalam urusannya.

“Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami,” demikian doa tujuh pemuda di dalam goa.

Tertidur Selama 309 Tahun

Allah kemudian menjawab doa tersebut dengan menidurkan ketujuh pemuda itu dalam goa selama 309 tahun. Suatu hari, ketujuh pemuda terbangun dari tidurnya dan bertanya-tanya.

“Sudah berapa lama kita tidur di sini?” tanya salah satu pemuda.

Kategori :