Berkobar, Kantor Desa Terbakar Jelang Pelantikan Kades Terpilih

Selasa 03-10-2023,09:09 WIB
Reporter : Hari Adiyono

Pasca kejadian ini, Kasat Intel Iptu. Trio Gufi Putra dan Kasat Reskrim Polres Seluma Iptu. Dwi Wardoyo bersama jajarannya tiba di TKP untuk melakukan pulbaket. 

Kasus ini tengah didalami Polsek Talo dan dibackup unit Inafis Satreskrim Polres Seluma, untuk mengungkap kasus terbakarnya Kantor Desa Muara Danau.

 


"Iya kita dalami dulu, dibantu unit Inafis Polres Seluma, untuk mengetahui motif dan penyebab kejadian ini," tegas Iptu. Muhammad Haryanto

Baru 54 Cakades Terpilih Dilantik

Sementara itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Seluma bakal melantik calon kades terpilih.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma Nopetri Elmanto, mengatakan, dari 60 calon kades terpilih setelah melalui proses Pilkades serentak pada 6 September 2023 lalu, baru 54 calon kades yang lebih dulu dilantik.

BACA JUGA:Hasil Perhitungan Suara Draw, Panitia Pilkades Suban Tetapkan Calon Incumbent Sebagai Pemenang

Sedangkan 6 calon kades terpilih lainnya bakal menyusul dilantik, karena ada 5 desa yang disesuaikan dengan masa berakhirnya masa jabatan, dan menunggu hasil putusan PTUN Bengkulu terkait Cakades Suban yang draw/seri dalam perolehan suara.

"Iya, ada 54 calon kades yang lebih dulu kita lantik, sedangkan sisanya 6 lagi disesuaikan dengan masa berakhirnya jabatan, dan menunggu hasil putusan PTUN soal gugatan calon Kades Suban yang draw perolehan suaranya," terang Nopetri Elmanto.

Lanjutnya, untuk pelantikan 54 calon kades terpilih, sesuai jadwal terbaru akan dilantik dan diambil sumpah pada Rabu (4/10) lusa, di gedung Balai Adat Serasan Seijoan pada pukul 08.00 wib.

BACA JUGA:Hasil Pilkades Draw, Calon Kades Suban Tuntut Penghitungan Ulang

"Untuk jadwal pelantikan 54 calon kades sudah ditetapkan Rabu lusa (4/10) di gedung Balai Adat Serasan Seijoan," ucapnya.

Keenam Cakades yang menyusul dilantik nantinya yakni, Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan masa berakhirnya kepala desa sebelumnya tanggal 22 Oktober 2022, karena meninggal dunia.

Kemudian Desa Rimbo Besar Kecamatan Semidang Alas Maras pada 15 November 2024, Desa Taba Lubuk Puding Kecamatan Air Periukan pada tanggal 6 Desember 2023 dan Desa Banyu Kencana Kecamatan Ulu Talo pada tanggal 6 Desember 2023.

Kategori :