Danau Toba Jadi Google Doodle Hari Ini, Ini 5 Danau Terbesar di Pulau Sumatera

Kamis 31-08-2023,14:46 WIB
Reporter : Tim liputan

Setiap sudut danau ranau adalah instagramable yang sangat bagus saat kamu apload ke media sosial.

Bagaimana kamu tertarik liburan ke Danau Ranau. Sekedar saran, saat liburan ke Danau Ranau gunakan mobil pribadi atau motor. Agar kamu mudah berpindah tempat dan bebas mengeksplor keindahan Danau Ranau.

BACA JUGA:Romeo dan Juliet Tenggak Racun Setelah 3 Hari Tunangan

 

3. Danau Singkarak

 

Danau Singkarak membentang di dua kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar) yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Dengan luas 107,8 km2 dengan kedalaman 268 meter, Danau Singkarak terbentuk akibat akibat letusan gunung Merapi dan membuat cekungan sehingga menjadi sebuah danau.

Danau Singkarak merupakan hulu sungai atau batang ombilin.

Sebagian air Danau Singkarak dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan untuk menggerakkan PLTA Singkarak yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.

Danau Singkarak ada danau yang indah dan mengesankan. Sebagian wilayah berada di jalan lintas, jika kita hendak menuju Bukit Tinggi. 

Satu istimewa dari Danau Singkarak ini di dalamnya banyak hidup ikan bilih. Di mana ikan bilih ini tidak banyak ditemukan di daerah lain dan tidak bisa dibudidayakan. Biasanya oleh masyarakat sekitar ikan bilih yang kecil-kecil ini dijadikan camilan.

BACA JUGA:Romeo dan Juliet, Kisah Cinta 2 Remaja yang Keluarganya Bermusuhan, Bukan Karya Shakespeare?

Ikan bilih di Danau Singkarak ini hidupnya bergerombol, sehingga memudahkan masyarakat untuk menangkapnya. Ikan bilih termasuk ikan kecil yang ukurannya hanya sekitar 5 cm.

Selain akan keindahan alam danau Singkarak, juga sangat terkenal di dunia. Faktanya kawasana Danau Singkarak sering diadakan even olahraga balap sepeda dunia utamanya Tour de Singkarak. Danau Singkarak dipilih sebagai kawasan balap sepeda, dikarenakan jalan di danau Singkarak memiliki tikungan yang tajam, menanjak dan menantang dan memacu adrenalin.

 

Kategori :