Danau Toba Jadi Google Doodle Hari Ini, Ini 5 Danau Terbesar di Pulau Sumatera

Kamis 31-08-2023,14:46 WIB
Reporter : Tim liputan

Danau Ranau berada di dua provinsi. Danau cantik dengan view atau pemandangan latar belakang Gunung Seminung.

Danau Ranau sebagian berada di wilayah Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) dan sebagian masuk wilayah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Provinsi Lampung.

Dalam cerinya, Danau Ranau tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik Gunung Merapi, yang membuat cekungan besar hingga membentuk sebuah danau.

Dikutip dari Wikipedia, Danau Ranau berada di perbukitan dan lembah. Sehingga membuat suasana dan cuaca di Danau Ranau selalu sejuk.

BACA JUGA:9 Kisah Cinta Romantis Melegenda, Diantaranya Romeo and Juliet serta Shah Jahan-Mumtaz Mahal

Danau Ranau banyak terdapat ikan mujair, kepiat, baung, nilem dan lainnya, yang sering ditangkap nelayan dan masyarakat sekitar. 

Selain itu, Danau Ranau juga cocok untuk ternak ikan kerambah, karena airnya yang bersih. Danau Ranau memiliki kedalaman sekitar 174 meter dan kedalaman maksimal sekitar 229 meter. Adapun luas Danau Ranau yakni 125,9 Km persegi.

Di tengah-tengah Danau Ranau terdapat sebuah pulau cantik yakni Pulau Marisa. Di Pulau Marisa terdapat sumber mandi air panas, yang sering didatangi wisatawan.

Bagi kamu yang liburan ke Danau Ranau, kamu bisa bermain di Pantai Pelangi, Pantai Sinangkalam, Pantai Bidadari, yang masuk wilayah Sumatera Selatan.

Kamu bisa juga main ke wisata Lombok di pinggiran Danau Ranau yang berada di wilayah Kabupaten Lampung Barat. Saat berwisata di Danau Ranau, kamu bisa bermain jet ski, dan wahana air lainnya. 

Kawasan Danau Ranau sering dijadikan lokasi beberapa kegiatan wisata dan olahraga, seperti kegiatan jelajah alam motor trail, touring sepeda grand pondo Danau Ranau.

Saat berlibur ke Danau Ranau kamu tak perlu takut akan kesulitan untuk menginap. Di kawasan Danau Ranau banyak villa, penginapan atau guest house milik masyarakat yang bisa kamu sewa.

BACA JUGA:Baca Surat Ar Rahman, Dijauhkan dari Kesulitan Hidup dan Mendapat Pahala Seperti Syahid

Selain itu, di pinggiran Danau Ranau banyak pondok makan milik masyarakat. Saat wisata ke Danau Ranau kamu wajib mencicipi ikan mujair bakar, yang rasanya lezat dan manis.

Satu jaminan saat kamu berlibur ke Danau Ranau. Kamu akan mendapatkan foto-foto yang cantik dengan pemandangan Danau Ranau yang luas dan view Gunung Seminung yang gagah.

Selain itu di kawasan Danau Ranau juga banyak terdapat spot foto selfie, di dermaga Danau Ranau, latar tulisan danau ranau, area villa pusri dan villa lain. 

Kategori :