Dosa Zina Berulang Kali Apakah Bisa Diampuni Allah SWT? Ustad Abdul Somad: Bisa Dengan Syarat

Jumat 21-07-2023,23:50 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Melakukan mandi wajib dengan membasahi semua badan dengan niat bertaubat dari dosa zina. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan shalat sunnah taubat 2 rakaat. 

 

4. Tekad

 

Orang yang berzina harus memiliki tekad yang kuat untuk tidak mengulangi perbuatan zina lagi. Orang yang berzina harus menjauhi segala hal yang dapat membawanya kembali ke zina, seperti pergaulan bebas, media sosial, film-film porno, atau tempat-tempat maksiat.

 

Orang yang berzina harus berusaha untuk menjaga pandangan, perkataan, dan perbuatan agar tidak menimbulkan fitnah atau godaan.

Selain itu, harus memperbanyak kajian dan pergaulan dengan orang-orang shaleh.

BACA JUGA:KTP Disalahgunakan untuk Pinjaman Online oleh Orang Lain, Ini Cara Mengatasinya

Dengan memenuhi tahapan taubat di atas, insya Allah dosa zina akan diampuni oleh Allah SWT. Allah SWT adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang bagi hamba-hambaNya yang bertaubat.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 48:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An-Nisa: 48).

“Lebih baik merasa diri penuh dengan dosa daripada merasa tidak punya dosa.” 

Karena itu, kita harus menghindari pintu-pintu yang menyebabkan zina karena termasuk dosa besar dengan cara bertaubat yang cukup berat.

Walaupun demikian, jika kita menemui saudara kita ingin bertaubat dari dosa zina, hendaknya kita tidak mengungkit masa lalunya dan lebih fokus untuk menguatkannya dalam memperbaiki diri.

BACA JUGA:5 Rekomenasi Tempat Pinjam Modal Usaha dengan SK Pensiun, Plafon Sampai Rp500 Juta

Kategori :