Hebatnya Tol Bengkulu, Membelah Perut Bumi, Ada Terowongan Sepanjang 7 Kilometer

Minggu 16-07-2023,10:05 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

 

Untuk keseluruhan ruas tol ini dipatok selesai 2024. Tentunya hal ini menyesuaikan dengan rencana alokasi dana pembebasan lahan dari pemerintah serta menimbang kondisi medan yang berupa perbukitan sehingga harus dilakukan pembangunan terowongan sepanjang 500 meter di seksi 5. 

 

Terowongan Tol Kembar Pertama RI 

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu akan memiliki tol terowongan kembar pertama di Indonesia. Tol ini juga merupakan tol pertama yang punya terowongan. 

 

Melansir keterangan BPJT, letak terowongan ini berada di tol Cisumdawu yang berada di wilayah Jawa Barat. Tepatnya berada di seksi II ruas Rancakalong-Sumedang, yakni di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. 

 

Terowongan kembar yang ada di tol ini memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Karena terletak di pegunungan dan kontur yang berkelok tol ini diklaim sebagai tol terindah di Indonesia. 

 

Secara penuh paling tidak tol ini baru beroperasi pada Agustus 2022 mendatang. 

BACA JUGA:Akhir Tahun Mau Liburan? 3 Shio Ini Bakal Dapat Bonus Ujung Tahun

 

Ruas tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi pembangunan. Untuk Seksi 1 dari Cileunyi - Rancakalong (11 km) sudah beroperasi dari awal 2022 lalu, Sementara seksi 2 dari Rancakalong - Sumedang (17 km), Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4 km), seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 km) masih menunggu penyelesaian konstruksi. 

 

Sementara untuk seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan dan Junction Dawuan (6,07km) diprediksi dalam waktu dekat akan beroperasi. Karena progress konstruksi sudah mencapai 99%. 

Kategori :