Iklan dempo dalam berita

Cegah Pori-pori Wajah Membesar dengan Hindari 7 Kebiasaan Ini

Cegah Pori-pori Wajah Membesar dengan Hindari 7 Kebiasaan Ini

Cegah Pori-pori Wajah Membesar dengan Hindari 7 Kebiasaan Ini--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pori-pori merupakan salah satu bagian dari struktur kulit, yaitu lubang kecil pada bagian atas rambut yang menutupi seluruh tubuh. Sama seperti bagian tubuh lainnya, pori-pori juga memiliki perannya tersendiri yaitu melepaskan sebum agar kulit tetap lembab dan kenyal serta sebagai tempat tumbuhnya rambut pada kulit. 

Meskipun memiliki fungsi tertentu, ukuran pori-pori yang membesar juga bisa membawa berbagai masalah pada kulit, lho. 

BACA JUGA:Pori-pori Wajah Membesar Turunkan Percaya Diri, Ini 10 Cara Mengecilkan Pori Wajah yang Efektif

Lalu, apa saja sih penyebab pori-pori membesar? Berikut 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-Pori Besar 

1. Sering Memencet Jerawat atau Komedo

Sebagian besar dari kita pasti sering memencet jerawat atau komedo. Meskipun hal ini dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil, namun sebenarnya kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit dari waktu ke waktu.

Ketika kamu memencet jerawat dan mengeluarkannya dengan paksa, jerawat tersebut akan meninggalkan bekas atau lubang kecil. Hal tersebut yang dapat dengan mudah memperbesar pori-pori wajah.

BACA JUGA:Cegah Penuaan Dini, Wajib Konsumsi 14 Makanan Pencegah Keriput Wajah Ini

2. Mencuci Muka dengan Air Panas Atau Dingin

Ada pro kontra menggunakan air panas atau dingin untuk mencuci muka diklaim sebagai solusi yang tepat. Namun, hal ini tidak terbukti secara ilmiah! Dua suhu air yang ekstrem tersebut dapat mengiritasi wajah dan memperburuk kondisi wajah kamu, terutama pada orang dengan kulit sensitif.

Jadi berapa suhu optimal untuk mencuci muka? Kamu dapat menggunakan air biasa atau air hangat yang memiliki suhu paling dekat dengan suhu tubuh, sehingga tidak akan mengiritasi kulit seperti air panas atau dingin.

BACA JUGA:Coba Terapkan, Ini 5 Urutan Perawatan Wajah untuk Menghilangkan Kerutan

3. Terlalu Sering Menggunakan Produk Skincare Oil-Control

Jenis kulit berminyak atau kombinasi memang rentan terhadap pori-pori besar. Hal ini karena wajah mengeluarkan terlalu banyak minyak alami (sebum) yang dapat dengan mudah menyebabkan pori-pori tersumbat dan membesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: