Tips Melamar Kerja Online yang Bikin HRD Kagum

Tips Melamar Kerja Online yang Bikin HRD Kagum

Zaman sekarang orang-orang mencari kerja melalui internet. Ada banyak situs penyedia lowongan kerja yang berisi berbagai macam posisi. Bisa juga mendaftar langsung di portal lamaran perusahaan yang dituju. Cara ini memang lebih mudah, cepat, dan efektif, namun bukan berarti tidak ada seleksi yang ketat. Penyaringan kandidat tetap dilakukan, maka dari itu simak tips melamar kerja secara online yang menarik perhatian HRD.

Tips melamar kerja di bawah ini cocok bagi siapa pun, baik fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman sebelumnya. Sebab tak jarang beberapa orang yang sudah bekerja masih mencari tempat kerja baru. Alasannya bermacam-macam, ada yang ingin suasana baru, gaji lebih besar, dekat dengan keluarga, dan sebagainya. Berikut yang harus dilakukan agar lamaran dilirik oleh HRD menurut situs lowongakerjapurwokerto.com:

1. Sesuaikan Skill dengan Lowongan

Saat memilih lowongan kerja jangan hanya melihat perusahaan yang dituju, tapi lebih baik mulai dari posisi yang ditawarkan. Lihat apakah job desk-nya sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Semakin cocok keahlian diri dengan lowongan, maka akan semakin menarik HRD. Sebab orang tersebut dianggap sebagai calon yang tepat.

2. Buat CV yang Menarik

Melamar kerja secara online tidak mengharuskan seseorang mencetak CV-nya. Cukup di-upload atau dikirim melalui e-mail. Saat ini ada banyak contoh desain CV sekaligus aplikasi pembuatnya. Buat lah CV dengan desain yang menarik sesuai dengan karakteristik perusahaan dan posisi yang dilamar.

3. Gunakan Pemilihan Kata yang Tepat

Pemilihan kata mempengaruhi penilaian HRD terhadap si pelamar. Gunakan kata-kata yang sopan dan profesional namun tetap bersahabat. Ini akan memberi kesan yang baik di mata HRD. Terapkan ini di dalam CV, cover letter, dan e-mail.

4. Gunakan Alamat E-mail yang Profesional

Tak jarang HRD langsung melewati lamaran seseorang hanya karena alamat e-mail yang tidak profesional. Memang sah-sah saja memiliki alamat e-mail seperti apapun. Namun untuk melamar kerja sebaiknya gunakan yang formal.

5. Rapikan Isi Media Sosial

Perlu diketahui bahwa HRD jaman sekarang kerap mengecek akun media sosial si pelamar. Ini dilakukan untuk mengetahui sisi lain dari si pelamar, seperti bagaimana kehidupan pribadinya, pandangan terhadap suatu isu, dan sebagainya. Maka dari itu, sebelum mengirimkan CV secara online, pastikan isi media sosial sudah bebas dari konten-konten negatif dan sensitif.

Tips melamar kerja di atas dapat dilakukan secara bersamaan. Misalnya, saat sedang merapikan konten media sosial bisa sambil mencari referensi desain CV yang menarik. Terakhir, jangan lupa untuk mencari tahu keaslian lowongan kerja yang akan dilamar. Tak jarang beberapa lowongan palsu berakhir dengan penipuan sejumlah uang. Jadi berhati-hati dan bersikap selektif lah.

Post Comment