Iklan dempo dalam berita

Mengandung Bakteri E-Coli, Dinkes Seluma Sarankan Air Galon Dimasak

Mengandung Bakteri E-Coli, Dinkes Seluma Sarankan Air Galon Dimasak

RbtvCamkoha - Dari 85 Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) yang terdaftar di Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, 12 DAMIU diantaranya yang diambil sampel oleh Balai Teknis Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Palembang.

Dari jumlah yang diambil sampel, terdapat 10 DAMIU di wilayah Kecamatan Seluma dan Kecamatan Seluma Barat yang airnya dinyatakan mengandung bakteri E-Coli.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaluddin, menegaskan kendati PH air terbilang normal, namun seluruh DAMIU yang ada di Kabupaten Seluma diminta untuk mengaktifkan lampu ultraviolet yang berfungsi untuk membunuh bakteri dalam air mineral.

\"Iya kita sudah perintahkan seluruh Puskesmas untuk memeriksa secara rutin seluruh DAMIU yang berada di lingkungannya, agar komponen vital seperti ultraviolet wajib dihidupkan,\" tegas Rudi Syawaluddin.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan seluruh masyarakat pengguna air galon isi ulang untuk senantiasa memasaknya terlebih dahulu, karena seluruh DAMIU belum mengindahkan hal ini.

Sementara itu, tak hanya DAMIU yang diperiksa (BTKLPP), namun pemeriksaan udara sampel perumahan, dan pusat keramaian di Kota Tais juga dicek dan hasilnya masih menunggu paling cepat selama 10 hari ke depan.

SAKSIKAN SELENGKAPNYA DI LAPORAN DAERAH RBTV

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: