Iklan dempo dalam berita

WOW, Ini Daftar Bahasa Daerah Paling Populer di Indonesia, 3 dari Pulau Sumatera

WOW, Ini Daftar Bahasa Daerah Paling Populer di Indonesia, 3 dari Pulau Sumatera

Foto IST_--

Terdapat berbagai definisi mengenai bahasa, beberapa pengertian dapat sedikit berbeda tergantung penekanannya. Bahasa bisa diartian sebagai sistem lambang bunyi ujaran arbitrer yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat penuturnya.

Pengertian tersebut dikutip dari pernyataan Ronald Wardhaugh yang menyatakan jika bahasa sebagai “a system of arbitrary vocal symbols used for human communication”. 

Definisi tersebut menekankan bahwa intid ari bahasa adalah ucapan yang menggabungkan bunyi dengan makna dan bukan tulisan. Ia menyimpulkan bahwa bahasa bersifat arbitrer atau tidak ada hubungan antara lambang, bunyi dan makna.

Sedangkan pengertian bahasa menurut para ahli, antara lain:

• Plato: Bahasa adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara melalui mulut.

• Ferdinand De Saussure: Bahasa merupakan ciri pembeda paling menonjol karena setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok lainnya.

• Bill Adams: Bahasa adalah suatu sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subyektif.

• Wahyu Wibowo Dalam bukunya Otonomi: Bahasa merupakan sistem simbol bunyi yang memiliki makna dan artikulasi yang bersifat arbitrer dan konvensional.

BACA JUGA:Bikin Senyum, Sederet Nama Bayi Ini Terinspirasi dari Merek Mobil, Ada yang Satu Keluarga

Ini Pengertian Bahasa Daerah

Menurut KBBI atau Kamus Besar bahasa Indonesia, bahasa daerah adalah bahasa yang lazim digunakan di suatu daerah. Bahasa daerah juga disebut sebagai bahasa suku bangsa.

Bahasa daerah di Indonesia diucapkan oleh kelompok masyarakat tertentu dimana biasanya memiliki kesamaan akar adat budaya. Contohnya bahasa lokal adalah bahasa Jawa, bahasa Batak, bahasa Sunda dan sebagainya.

Ini Sejarah Bahasa Daerah

Berdasarkan data terbaru, total bahasa asli daerah Indonesia berjumlah 718 jenis yang tersebar di seluruh nusantara. Perkembangan bahasa daerah telah terjadi sejak zaman prasejarah sehingga masing-masing suku di Indonesia mempunyai bahasa berbeda-beda.

Bahasa lokal di Indonesia masuk dalam rumpun Austronesia. Rumpun bahasa tersebut juga tersebar hingga Hawaii, Filipina, Madagaskar dan sekitarnya. Oleh sebab itu, ada beberapa kesamaan vokal dan arti pada bahasa-bahasa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: