Iklan dempo dalam berita

Tanda Kiamat dari Sungai Eufrat, Sungai Sumber Air 4 Negara di Timur Tengah, Ini Kondisinya Sekarang

Tanda Kiamat dari Sungai Eufrat, Sungai Sumber Air 4 Negara di Timur Tengah, Ini Kondisinya Sekarang

Sungai Eufrat yang disebut-sebut salah satu tanda kiamat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sungai Eufrat. Inilah salah satu sungai paling istimewa dalam sejarah peradaban Islam. Begitu istimewanya karena Rasulullah SAW menyebutnya sebagai sungai surga. 

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Seihan, Jeihan, Nil, dan Eufrat, semuanya adalah sungai-sungai surga.” (HR Muslim).

Kesempatan lain, Rasulullah SAW kembali bersabda tentang sungai ini. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Hari kiamat tak akan terjadi sebelum Sungai Eufrat mengering dan menyingkapkan gunung emas sehingga manusia saling membunuh (berperang) untuk mendapatkannya. Maka terbunuhlah 99 dari 100 orang yang berperang dan setiap orang dari mereka berkata, ‘Semoga akulah satu-satunya orang yang selamat.’’’ (HR Muslim).

BACA JUGA:Pinjam KUR BRI Cair Rp 50 Juta dengan Mudah Tanpa Jaminan, Cukup Siapkan Syarat Ini

Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam buku Atlas Hadits, eufrat atau dalam bahasa Arab, al-Furat, memiliki arti air paling segar. Dijelaskan, eufrat adalah sungai yang mengalir dari timur laut Turki. 

Sungai itu membelah pegunungan Toros, kemudian melewati Suriah di Kota Jarablus, melewati Irak di Kota al- Bukmal, lalu bertemu dengan Sungai Tigris di al-Qurnah.

Seperti banyak sungai besar lainnya, eufrat pun memiliki beberapa anak sungai, yakni al-Balikh dan al-Khabur. Namun, kini kedua anak sungai ini telah kering. “Panjang Sungai Eufrat adalah 2.375 km,” kata Syauki, yang juga penulis buku best seller, Atlas Alquran. 

Sementara itu, dalam Wikipedia disebutkan, eufrat adalah sungai besar yang bersama-sama dengan Sungai Tigris menjadi ciri khas Mesopotamia. Sungai Eufrat bermata air di Anatolia, Turki, dan bermuara di Teluk Persia.

Sementara itu, dari sekian tanda-tanda kiamat yang disebutkan dalam hadits, salah satunya adalah tentang surutnya Sungai Eufrat. Keterangan ini disebutkan dalam beberapa hadits dan disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Tanggal Lahir yang Pemiliknya Diramalkan Tajir Sejak Lahir

Sungai Eufrat adalah salah satu sungai terbesar di wilayah Timur Tengah. Sungai ini membentang dari pegunungan di Selatan dan berakhir di Teluk Persia.

Keberadaan Sungai Eufrat menjadi sumber air bagi masyarakat di negara-negara Turki, Kurdistan, Suriah, hingga Irak. Oleh karenanya, Sungai Eufrat memiliki peran penting bagi kemakmuran negara-negara tersebut.

Menurut Dr Syauqi dalam buku Geografi Sejarah Peradaban Dunia Kuno oleh Yulian Widya Saputra dan Muhammad Azmi bahwa, "Sungai itu membelah pegunungan Toros, lalu melewati Suriah di Kota Jarablus, melewati Irak di Kota al Bukmal dan bertemu di Sungai Tigris di Al Qurnah dan bermuara di Teluk Arab."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: