Iklan dempo dalam berita

Tanda Terakhir dan Terbesar Hari Kiamat, Muncul Lidah Api Raksasa yang Gemparkan Umat Dunia

Tanda Terakhir dan Terbesar Hari Kiamat, Muncul Lidah Api Raksasa yang Gemparkan Umat Dunia

Menghebohkan lidah api di Yaman --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kiamat merupakan hari akhir yang wajib dipercayai oleh umat Islam. Bahkan, mempercayai datangnya hari kiamat termasuk ke dalam salah satu rukun iman.

Walau begitu, tidak ada informasi pasti terkait kapan tibanya hari kiamat. Namun Allah SWT menjelaskan sejumlah tanda-tanda yang mencirikan kiamat akan datang.

Berkaitan dengan itu, Mahir Ahmad Ash-Syufiy dalam bukunya yang bertajuk Terjadinya Kiamat mengemukakan bahwa terdapat sebuah tanda terakhir sekaligus terbesar, yaitu api yang keluar dari 'Adn dan menggiring manusia ke padang mahsyar. 

BACA JUGA:Jaga Kekompakan dan Sinergitas, TNI-Polri Makan Siang Bersama

Sementara itu, beberapa waktu lalu viral di medsos gambar lidah api raksasa yang katanya muncul di Yaman. Langsung banyak yang mengaitkan fenomena itu dengan tanda hari akhir. 

Tanda lidah api raksasa itu sesuai dalam hadits Rasulullah yang diriwayatkan dari Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari RA, beliau bersabda,

“Kiamat tidak akan terjadi kecuali kamu telah menyaksikan sepuluh tanda-tandanya, yaitu kabut gelap, Dajjal, binatang melata yang besar, Matahari terbit dari barat, Nabi Isa turun ke Bumi, Yakjuj dan Makjuj, tiga kali gerhana bulan; gerhana bulan di timur, barat, dan Semenanjung Arab. Dan, tanda terakhir adalah api akan keluar dari 'Adn yang menggiring manusia ke padang mahsyar mereka," (HR Muslim).

BACA JUGA:Panas Ekstrem, Pakai Sunscreen atau Sunblock, Mana yang Lebih Baik?

Selain itu, menukil dari buku Kiamat, Tanda-Tandanya Menurut Islam, Kristen, dan Yahudi karya Manshur Abdul Hakim ada juga hadits lain terkait api tersebut.

“Kelak akan keluar lidah api dari Hadhramaut atau dari laut Hadhramaut sebelum terjadinya hari kiamat. Api itu akan mengumpulkan manusia," (HR Ahmad dan at-Tirmidzi).

Dalam sebuah riwayat lainnya, Abdullah bin Umar menuturkan bahwa Nabi SAW bersabda,

“Kelak api akan berkobar mengurung para penghuni Bumi di sebelah timur, kemudian menggiring mereka ke arah barat. Lidah api itu akan selalu bersama mereka pada saat manusia tidur di malam hari dan siang hari. Apapun yang jatuh atau tertinggal oleh mereka pasti dimakannya. Api itu menggiring mereka seperti menggiring unta yang terluka," (HR Thabrani).

 

BACA JUGA:Cocok Baju Kondangan, Lagi Tren Dress Brokat Sage Green Hanya Rp 100 Ribuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: