Iklan dempo dalam berita

Ancaman El Nino Jangan Dianggap Remeh, Pemerintah Indonesia Terus Bersiap

Ancaman El Nino Jangan Dianggap Remeh, Pemerintah Indonesia Terus Bersiap

Pemerintah terus bersiap menghadapi el nino--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Agustus mendatang, Indonesia diprediksi akan mengalami masa kekeringan atau El Nino. Ancaman ini tidak bisa dianggap remeh, karenanya pemerintah terus melakukan persiapan.

 

Saat terjadi El Nino, kekurangan angin pasat dan monsoon akan melemah. Sekaligus, daerah yang dilintasi oleh garis khatulistiwa akan mengalami penurunan curah hujan.

 

BACA JUGA:Ngeri! El Nino Picu Kemarau Panjang dan Inflasi, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Dampak utama El Nino, beberapa daerah di Indonesia rawan kekeringan. Beberapa kawasan yang berisiko adalah Sumatera Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

 

Akibat terjadinya cuaca ekstrem tersebut, berbagai penyakit bisa timbul. Masyarakat menjadi lebih rentan mengalami diare, flu, demam berdarah, kolera, ataupun penyakit lainnya.

 

BACA JUGA:El Nino Bisa Sebabkan Ini Pada Tanaman Kelapa Sawit

Dibidang pertanian, fenomena El Nino dapat menyebabkan tanaman rusak dan kekurangan pasokan air. Kelembaban udara yang meningkat dapat memancing kehadiran hama serta menyebabkan tanaman tidak bisa dipanen karena kekeringan.

 

Begitupun dalam konteks kehidupan laut, El Nino bisa memicu terjadinya perpindahan ikan ke kawasan yang lebih sesuai, yang mana berujung mengurangi pendapatan nelayan untuk mencari ikan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: