Iklan dempo dalam berita

Gerhana Penumbra 5 Mei 2023, Bulan Terlihat Suram Bisa Disaksikan di Seluruh Indonesia

Gerhana Penumbra 5 Mei 2023, Bulan Terlihat Suram Bisa Disaksikan di Seluruh Indonesia

Gerhana Penumbra 5 Mei 2023, Bulan Terlihat Suram Bisa Disaksikan di Seluruh Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Fenomena alam 2023 berupa gerhana akan kembali terjadi di Indonesia dalam waktu dekat. Jika tanggal 20 April 2023 ada gerhana matahari hibrid yang bisa diamati di seluruh Indonesia, maka kali ini adalah gerhana bulan penumbra. 

Koordinator Bidang Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Himawan Widiyanto mengatakan, gerhana bulan penumbra akan terjadi pada awal Mei 2023, tepatnya 5-6 Mei 2023. 

BACA JUGA:PENTING! Bawa 4 Dokumen Ini untuk Memperpanjang SIM Mati, Buruan Urus

Gerhana bulan penumbra akan dimulai pada Jumat (5/4/2023) pukul 22.12 hingga Sabtu (6/4/2023) dini hari. “Puncaknya 6 Mei sekitar pukul 00.22 WIB,” katanya.

Menurutnya, gerhana bulan penumbra merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi ke bulan. Gerhana ini terjadi saat posisi bulan, bumi, dan matahari tidak persis sejajar. Sementara penumbra merupakan bayangan berbentuk kerucut yang terjadi akibat cahaya matahari terhalangi oleh Bumi. 

BACA JUGA:Fenomena 2023. Setelah Gerhana Matahari, Juga akan Terjadi Gerhana Bulan Penumbra, Apa Itu?

Gerhana Bulan Penumbra ini dapat diamati secara langsung tanpa bantuan teleskop di seluruh Indonesia. Gerhana bulan penumbra ini diprediksi akan terjadi lagi di Indonesia pada 24-25 Maret 2024 mendatang dan hanya bisa dilihat di wilayah Indonesia timur. Sementara gerhana bulan serupa yang bisa dilihat di seluruh Indonesia lagi akan terjadi pada 7 Mei 2041 mendatang.

BACA JUGA:Covid19 Ternyata Masih Ada, Akhir April 2023 Ini Tercatat 10 Pasien Covid19 di Bengkulu

Menurut siaran pers BMKG, seluruh proses gerhana dapat dilihat di sebagian besar Asia, Australia, sebagian kecil Afrika, dan sebagian Rusia. Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di sebagian besar Afrika, sebagian kecil Asia, sebagian besar Eropa, dan sebagian Rusia.

Proses Gerhana pada saat Bulan terbenam dapat diamati di Samudera Pasifik. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di Amerika, sebagian kecil Afrika, sebagian kecil Eropa. 

BACA JUGA:Kupedes BRI, Bisa Pinjam Hingga Rp 250 Juta, Bunga Mulai 0,9 Persen, Berikut Caranya

Gerhana Bulan Penumbra 5 Mei 2023 ini merupakan anggota ke 24 dari 73 anggota pada seri Saros 141. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 24 April 2005. 

Adapun gerhana Bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Sebagian 16 Mei 2041. Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. 

BACA JUGA:Inilah 13 Aplikasi Penghasil UANG Tahun 2023, Resmi dan Terbukti Membayar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: