Iklan dempo dalam berita

Ini Kepanjangan dan Asal-usul MUDIK, Tradisi yang Bikin Heboh Saat Lebaran

Ini Kepanjangan dan Asal-usul MUDIK, Tradisi yang Bikin Heboh Saat Lebaran

Ini Kepanjangan dan Asal-usul MUDIK, Tradisi yang Bikin Heboh Saat Lebaran--

 

Guru Besar Fakultas llmu Budaya Universitas Airlangga (FIB Unair), Prof. Dr. Purnawan Basundoro, S. S., M. Hum., mengatakan bahwa urbanisasi membuat masyarakat mulai merindukan kampung halamannya. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari luar kota/desa ke kota.

 

“Ini (urbanisasi, Red), mungkin setelah kemerdekaan, setelah banyak orang mencari pekerjaan di kota. Mungkin tahun 60an 70an dimana Kota Jakarta mulai didatangi orang dari berbagai desa," katanya, dikutip dari situs Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Jumat (14/4). 

 

Mereka yang merantau ke kota, bekerja di kantor-kantor pemerintah, kantor-kantor swasta, pabrik dan berbagai industri, bahkan ada juga yang menjadi pengusaha. Lalu, ada saatnya para perantau tersebut kembali ke kampung halamannya. Kegiatan itu disebut dengan mudik.

 

Kepanjangan mudik adalah 'mudik dilik'. Fenomena mudik tidak hanya dilakukan oleh masyarakat muslim saja, tetapi sudah menjadi tradisi tahunan yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Indonesia.

 

Demikian informasi ini, semoga bermanfaat. Dan bagi yang merantau diberi waktu untuk mudik dalam lebaran 1444 H ini.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: